Senin 27 Mar 2017 09:44 WIB

Awasi Anak di Media Sosial

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
Anak dan media sosial
Foto: pixabay
Anak dan media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, Di zaman modern yang serba menggunakan teknologi ini, orang tua harus melakukan pengawasan ekstra pada anak. Tidak hanya mengawasinya di dunia nyata, orang tua masa kini juga diberi pekerjaan tambahan untuk mengawasi anak di dunia maya.

Psikolog Anak, Elizabeth Santosa mengatakan pengawasan terhadap anak di media sosial menjadi penting ketika mereka bisa berinteraksi dengan siapa saja. Anak-anak bisa berkenalan dengan siapa saja, mengobrol, dan melakukan interaksi lainnya tanpa tahu maksud dan tujuan sesungguhnya dari orang yang diajaknya bicara. Inilah yang patut diwaspadai.

"Memiliki sosial media bagi anak boleh saja, tapi jelas ada yang kontrol kalau perlu lock supaya tidak diincar predator," ujarnya kepada Republika.co.id, Senin (27/3).

Ia juga mengingatkan agar para orang tua tidak mengunggah foto secara berlebihan. Ia khawatir jika hal tersebut menjadi boomerang di kemudian hari.

“Tidak salah kok jika orang tua mengunggah foto anaknya di medsosnya, tapi harus porsinya. Jika orang tua terlalu berlebihan, itu bisa jadi boomerang lho karena yang liat kan tidak cuma dia tapi teman-teman social media dia juga bisa lihat,” ungkapnya.

Untuk itu Elizabeth meminta agar orang tua yang memang ingin berlebihan mengunggah foto anak-anaknya sebaiknya akun media sosialnya dikunci dan hanya orang tua saja yang tahu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement