Kamis 23 Mar 2017 08:14 WIB

Zootopia Kena Gugatan Plagiat

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Film Zootopia
Foto: dok Disney
Film Zootopia

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Zootopia berhasil menang besar-besaran baik dari segi pendapatan dan juga penghargaan Oscar. Di balik kesuksesan itu, film animasi Disney itu harus berhadapan dengan gugatan di pengadilan.

Penyebab dari gugatan tersebut karena film tersebut diduga melakukan salinan dari hasil karya penulis naskah Gary L. Goldman. Dia merupakan penulis naskah yang dikenal namanya karena film Total Recall dan pelaporan dilakukan atas nama Esplanade Productions, Inc,.

Laporan THR menyatakan, jika dokumen negara menyatakan Goldman memiliki ide untuk pembuatan Zootopia bagi Disney pada 2000 dan 2009. Mulai dari cerita, live-action yang diberi nama Looney hingga animasi yang bernama Zootopia.

"Alih-alih secara sah memperoleh pekerjaan, tergugat mengatakan mereka tidak tertarik untuk memproduksi dan mengirim dia pergi,"  kata dokumen gugatan tersebut, dikutip dari Aceshowbiz, Kamis (23/3).

Diney diduga menyalin ide tersebut meski tawaran dari Goldman telah ditolak. Beberapa hal yang memiliki kesamaan mulai  dari plot, karakter, bahkan beberapa dialog hampir mirip.

Atas pelayangan gugatan itu Esplanade Productions, Inc meminta Dinsey untuk membayar atas kerugian yang diberikan. Selain itu, Disney pun diminta membagi keuntungan dari setiap penjualan Zootopia.

Juru bicara Disney menanggapi tuduhan tersebut, dia berkata jika gugatan yang dilakukan hanya berbekal materi palsu. Hal tersebut dilakukan hanya untuk mengklaim keuntungan dari sebuah keuntungan besar yang didapatkan dari Zootopia.

Baca juga: Film Kartini Tayang 19 April

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement