Sabtu 18 Mar 2017 08:45 WIB

Festival Bekudo Bono Jadi Andalan Riau Tarik Wisatawan

Peluncuran Calender of Event Riau 2017
Foto: Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar
Peluncuran Calender of Event Riau 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Riau telah mempersiapkan berbagai acara sepanjang 2017 yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan. Dari berbagai acara yang terangkum dalam "Riau Menyapa Dunia" itu, ada tiga event besar pariwisata. Yakni Bakar Tongkang, Pacu Jalur serta Festival Bekudo Bono yang telah mendunia.

"Pastikan semua kalender kegiatan uitu berjalan sesuai skedulnya, karena akan menjadi patokan timeline oleh para travellers. Jangan sampai berubah tanggal, apalagi bulan dan tahun," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam peluncuran "Calender of Event Riau 2017" beberapa waktu lalu.

Menpar menyambut baik penetapan top 3 event pariwisata Riau yang bakal mendunia. Menurutnya setiap daerah di tanah air harus memiliki satu destinasi wisata dan atraksi yang dapat menarik minat wisatawan.

"Kenapa Bono? Karena atraksi berselancar di sungai satu-satunya di Indonesia ya ada di Riau. Sainganya di dunia adalah di sungai Amazon," ujar Menpar.

Gelombang Bono di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan mencapai ketinggian 6 meter. Keunikan wisata minat khusus dan olahraga petualangan tersebut telah menarik minat banyak peselancar dunia yang berhasil memecahkan rekor selancar paling lamadi gelombang sungai di Kuala Kampar itu.

Guna mendukung pelaksanaan festival tersebut, Menpar mengingatkan pentingnya 3A, Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Jika Bono sudah memiliki daya tarik yang kuat, maka aksesibilitas dan amenitas juga harus terpenuhi dengan baik.

"Aksesibilitas pak Gubernur mengatakan akan melanjutkan pengerjaan jalan sepanjang 41 kilometer. Sehingga daya tempuh ke Bono akan semakin pendek," ujar Arief Yahya.

"Saya juga sudah disediakan lahan 600 hektar di sekitar kawasan atraksi Bono, di Kabupaten Pelalawan. Lahan itu rencananya akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Kalau siap, Pelalawan Riau bisa menjadi KEK pariwisata kelima," ujar Menpar.

Dua event unggulan lainnya yakni; Bakar Tongkang akan berlangsung di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau sebagai acara ritual dan sudah berlangsung lebih seabad melibatkan ribuan warga serta mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman). Acara bakar tongkang tahun ini akan dimeriahkan dengan hiburan dengan mendatangkan superstar dari Taiwan dan artis Malaysia.

Sementara itu, event Pacu Jalur yang berlangsung Kabupaten Kuantan Singingi  mempunyai keunikkan sebagai ritual tahunan dan lebih banyak menampilkan kearifan lokal sebagai semangat bergotong royong. Pacu jalur diikuti para pendayung perahu tradisional sebanyak  45-60 orang pendayung di masing-masing perahu.  

Festival Bekudo Bono (Mengarungi gelombang Bono dengan menggunakan sampan kayu) akan berlangsung di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan  pada 13-16 Maret 2017.

Sedangkan event Bakar Tongkang (sebagai tradisi masyarakat Tionghoa yang memuja dewa langit sebagai penyelemat dari ganasnya ombak ketika pendahulu mereka melakukan pelayaran dari Tiongkok menuju Bagansiapiapi sekitar tahun 1883) akan berlangsung di Bagansiapiapi, Kabupapten Rokan Hilir pada 10-11 Juni 2017.

Untuk event  Pacu Jalur akan berlangsung pada 23-26 Agustur 2017 di Kabupaten Kuantan Sengingi.

“Bono menjadi semacam penghela atas keunggulan lain semisal Bakar Tongkang dan Pacu Jalur. Kita fokus mengusung Bono agar benar-benar tampil atas kekuatannya yang dinilai sebagai gelombang sungai terbaik di dunia. Sejumlah peselancar mancanegara sudah membuktikannya. Kini bagaimana kita menghadirkan Bono atas keunikannya. Upaya tersebut tidak boleh setengah-setengah, namun harus benar-benar terkonsep, terukur, dan  memiliki sistem perencanaan sampai evaluasi,” ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement