Rabu 15 Mar 2017 07:08 WIB

Tiga Jenis Teman yang Anda Butuhkan

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Sahabat, ilustrasi
Foto: islamicworldmusic.blogspot.com
Sahabat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Cara Anda menghabiskan waktu dengan teman-teman dapat berubah secara dramatis selama bertahun-tahun.Tapi satu hal tetap sama yaitu aneka jenis teman yang akan memperkaya hidup Anda.

"Ada tiga jenis teman yang setiap orang perlu dalam hidup mereka yaitu seseorang untuk diajak bicara, seseorang untuk bergantung dan seseorang untuk bersenang-senang," ujar William Rawlins, Stocker Professor of Interpersonal Communication at Ohio University dan penulis The Compass of Friendship. “

"Dalam profesi saya, saya berbicara dengan banyak orang, cukup mendalam, tentang persahabatan mereka. Apa yang mengejutkan saya adalah bahwa, tidak peduli seberapa tua seseorang, harapan kami untuk teman-teman kita tetap sama."

Rawlins menjabarkan ciri-ciri kunci yang terkait dengan masing-masing jenis teman yang dibutuhkan seperti dilansir dari laman Time, Selasa (14/3).

Seseorang untuk diajak bicara

Apakah Anda sedang memikirkan tentang karir Anda atau khawatir dengan percintaan Anda? Berbicara dengan sahabat dapat membantu memandu Anda melalui masalah.

"Penerimaan adalah landasan persahabatan. Anda dapat terbuka dengan teman dan bisa dikritik," kata Rawlins. "Pada saat yang sama, ketika Anda meminta pendapat, dia menawarkan objektivitas, dia akan mendorong Anda untuk menjadi yang terbaik sebisa Anda."

Orang ini lebih dari sekadar pendengar. Perannya adalah untuk membantu Anda menjadi orang yang lebih baik, yang mungkin berarti memberikan Anda cinta yang kuat bila diperlukan untuk membimbing Anda dalam arah yang benar.

Seseorang yang diandalkan

Sebagian besar dari persahabatan adalah mengetahui Anda memiliki seseorang yang Anda dapat andalkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjemput Anda dari bandara ketika perjalanan Anda tiba-tiba batal, meminjamkan Anda sepasang sepatu untuk wawancara atau menjaga anak-anak Anda untuk satu jam selama janji dengan dokter. Mengetahui dia selalu kembali Anda membawa banyak kenyamanan dan memberikan rasa stabilitas.

"Di jantung persahabatan adalah keinginan untuk yang lain untuk hidup dengan baik. Jika Anda dapat membantu teman senang, yang pada gilirannya membuat kita bahagia . "

Seseorang untuk bersenang-senang

Anda juga butuh seseorang untuk bersenang-senang. Kesenangan ini bisa dilakukan dengan sahabat terdekat Anda."Kesempatan kita untuk berhubungan dengan teman-teman adalah ukuran dari seberapa banyak kebebasan yang kita miliki dalam hidup kita," kata Rawlins.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement