Senin 13 Mar 2017 14:45 WIB

Wisata Religi di Kota Semarang

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Masjid Agung Semarang
Foto: seputarsemarang.com
Masjid Agung Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Kota Semarang merupakan kota yang multietnis, penduduk pribumi dan pendatang hidup membaur dan saling berdampingan. Dalam proses tersebut, terjadilah proses akulturasi budaya dan agama. Tempat ibadah mulai tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

Public Relation & Advertising Ezytravel.co.id, Noor Aini Rachmawati menjelaskan bahkan beberapa tempat ibadah menjadi destinasi wisata religi, beberapa tempat tersebut adalah :

 

Masjid Agung Jawa Tengah

Terletak di Jalan Gajah, proses pembangunan masjid ini dilakukan pada tahun 2001 sampai 2006 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bangunan Masjid Agung Jawa Tengah didesain oleh Ir. H. Ahmad Fanani dengan arsitektur campuran Jawa, Arab, dan Romawi.

Bangunan masjid berbentuk limas merupakan penggambaran budaya jawa, ornamen kaligrafi di masjid ini merupakan gambaran budaya Arab, sedangkan koloseum di pelataran masjid terinspirasi arsitektur bangsa Romawi. Beberapa fasilitas di Masjid Agung Jawa Tengah ini antara lain Menara Asma Al-Husna setinggi 99 meter, museum perkembangan agama Islam, gardu pandang, dan tempat rukyat al-hilal.

 

Selain itu, masjid ini memiliki enam payung raksasa yang dibuka ketika perayaan hari besar umat Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Masjid Agung Jawa Tengah selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik yang ingin menikmati keindahannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement