REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki mayoritas penduduk beragama Islam dan gaya hidup masyarakatnya semakin berkembang. Untuk mengatasi kebutuhan tersebut, Media meluncurkan peralatan rumah tangga atau houseware bersertifikat halal pertama di Indonesia.
"Seperti data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga masih menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dengan 55,92 persen. Medina hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut demi menjamin ketenangan konsumen khususnya dengan produk yang halal dan aman bagi keluarga Indonesia," kata General Manager Marketing Communication Medina, Dewi Hendrati dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (9/3).
Menurut data Euro Monitor, pasar produk plastik rumah tangga terus mengalami peningkatan di Indonesia hingga 2018 mendatang. Pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk beverage ware, food storage dan dinner ware sebesar 11,2 persen per tahun.
Dengan mengusung konsep produk peralatan rumah tangga halal pertama di Indonesia, Media menargetkan untuk meraih 15 persen share houseware dalam lima tahun mendatang. Produk Media secara resmi telah tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan akan terus konsisten untuk menjaga kehalalan produknya.
Menjaga kehalalannya dimulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi hingga distribusi yang tidak terkontaminasi material non-halal seperti alkohol, najis dan hewan yang tidak diperbolehkan dalam memenuhi syarat halal. Untuk menjamin kehalalan produk, Media juga sudah memiliki Sertifikat Jaminan Halal (SJH) dengan nilai A.
Selain halal, lanjut Dewi, kualitas produk Medina juga diutamakan. Pada tahap awal, Medina meluncurkan 19 jenis produk beverage ware dan dinner ware sebagai produk unggulannya. Produk Media juga dijamin dengan garansi seumur hidup serta kualitas yang aman bagi konsumen.
"Untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mendapatkan produk Medina, kami menunjuk Dusdusan.com sebagai sole distributor kami dimana sistem pembelian dilakukan secara online," jelas Dewi.
Selain menjual produk houseware halal, Medina juga memiliki tujuan untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan melalui forum yang dapat menginspirasi. Melalui kampanye 'Medina Inspirasi Talk', Medina akan melakukan talkshow yang bekerjasama dengan berbagai komunitas wanita di 65 titik di Indonesia.
"Kampanye ini untuk mendorong wanita khususnya ibu rumah tangga untuk dapat berwirausaha serta mengaplikasikan nilai-nilai halal pada kehidupan sehari-hari," tambah Dewi.
Co Founder Dusdusan.com, Christian Kustedi mengatakan produk Medina akan didistribusikan secara eksklusif yang memungkinkan seluruh konsumen bisa berbelanja sekaligus berwirausaha dengan cara yang praktis.
"Di Dusdusan.com, sistem kerjanya simpel, kami supply produknya dan kami ajarkan cara jualannya. Member reseller kami merasakan kenyamanan dalam berbisnis karena tidak ada namanya upline atau downline, tidak ada kewajiban rekrut-rekrut orang, tidak ada tutup poin dan tidak ada target bulanan," tegas Kustedi.