Jumat 03 Mar 2017 09:26 WIB

Petugas Bandara Heathrow Diam-Diam Merangkap Sales

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Penumpang melewati sederetan toko dan restoran di Bandara Heathrow, Inggris.
Foto: EPA
Penumpang melewati sederetan toko dan restoran di Bandara Heathrow, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah laporan terbaru mengatakan, selain membantu memberikan informasi kepada penumpang di Bandara Heathrow, London, petugas bandara di sini punya misi lain. Mereka juga ditugaskan membantu meningkatkan penjualan di area bandara.  

Dilansir the Independent, sebuah laporan dari BBC Channel 4 menemukan bahwa meskipun Duta Penumpang di Heathrow diiklankan untuk memberikan bantuan kepada wisatawan, tapi mereka punya target penjualan. Mereka keluar setiap hari dengan setidaknya target penjualan hingga 2.500 poundsterling. 

Jumlah yang besar mengingat ada 150 petugas bandara di Heathrow. Mereka biasanya bercirikan seragam ungu yang tugasnya membantu wisatawan atau penumpang.

"Apakah Anda sedang mencari informasi penerbangan, arah atau bantuan apapun dengan perjalanan Anda, tim kami akan membantu Anda dengan cepat," ujar pihak bandara di situs web mereka seperti dilansir Travel + Leisure.

Namun, menurut seorang reporter Channel 4 yang menyamar, Duta Penumpang dilatih untuk berbicara dengan penumpang, dan membujuk mereka untuk berbelanja jika mereka tidak ada rencana lain. Mereka juga mendorong penumpang untuk berbelanja dengan berbicara kepada mereka tentang penawaran dan promosi di bandara.

Pada saat penulisan, petugas bandara belum melihat laporan Channel 4 yang mengudara di Inggris pada Senin (27/2) malam. Namun, bandara membela program Duta Penumpang pada Travel Telegraph.

"Duta Penumpang adalah bagian penting dari bisnis kami dan kami berharap tim akan memprioritaskan kebutuhan penumpang," kata juru bicara dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan peraturan pemerintah, bandara menyediakan restoran dan toko-toko dalam rangka untuk mengimbangi biaya mengoperasikan bandara. Ini juga membantu meringankan harga tiket pesawat.

Tahun lalu, bandara melaporkan rekor pendapatan 612 juta poundsterling dari sewa pengecer dan biaya parkir mobil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement