Senin 27 Feb 2017 19:47 WIB

Mencicipi Manis dan Mahalnya Stroberi Putih Jepang

Melon dan stroberi Jepang.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Melon dan stroberi Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama sepekan restoran Jepang di Hotel Shangri-La Jakarta menghadirkan chef Katsuki Toshihisa dari Nishimura Hong Kong. Beragam set menu makan siang dan malam yang diatur menunya oleh Katsuki bisa menjadi pilihan untuk penikmat makanan Jepang.

Tak hanya pilihan set menu baru yang ditawarkan Nishimura selama chef Katsuki berada di Jakarta. Beragam buah asli Jepang juga dibawa langsung oleh juru masak yang sudah 38 tahun berkecimpung di dunia kuliner ini.

Stroberi putih asal Fukuoka, stroberi merah Jepang yang berukuran besar, serta buah melon dari Shizoka bisa dicicipi di Nishimura. Japanese Chef Nishimura Hideki Chomei menjelaskan stroberi putih tak ubahnya stroberi merah.

"Terdapat beragam ukuran, rasa, dan levelnya," katanya, Senin (27/2). Misalnya, stroberi putih yang berkualitas terbaik harus ditebus dengan harga Rp 2 juta untuk satu butirnya. Luar biasa, bukan.

Sebutir stroberi putih premium itu nantinya dikemas dalam kotak kayu dan biasanya disajikan sebagai hadiah. Menurut Hideki stroberi putih paling enak dimakan langsung. Rasanya sebenarnya tidak berbeda dengan stroberi merah.

"Ada yang manis asam, ada yang manis saja," katanya. Stroberi Fukuoka yang dijual di Nishimura cenderung terasa manis saja, tanpa sapuan rasa asam yang khas dari stroberi pada umumnya. Teksturnya sangat lembut.

Hideki mengatakan stroberi ini sudah menjelang tidak musim di Jepang. Setelah Maret berakhir ia memastikan stroberi putih Fukuoka sudah tidak berbuah. Ketika memilih stroberi putih, rasa yang paling prima terletak pada buah yang ujungnya mulai menguning. Bukan justru yang warna putih kemerahmudaan.

Di Nishimura, sebutir ichigo white atau stroberi putih harganya Rp 189 ribu. Sedangkan yang merah harganya Rp 178 ribu.

Selain stroberi terdapat pula melon Jepang. Melon dari Negara Sakura itu harga, rasa, dan kualitasnya beragam pula. Hideki mengatakan di Jepang lazim mendengar ada melon seharga Rp 10 juta hingga Rp 100 juta per satu buah.

"Melon Jepang enaknya dimakan langsung, kalau stroberi ada yang dibuat kue, es krim, atau selai," katanya.

Melon Jepang sangat manis dan berair dengan daging buah yang sangat empuk. Ukurannya lebih kecil dari melon yang biasa tersedia di Indonesia.

Di Nishimura sepotong melon Jepang bisa dicicipi dengan harga Rp 248 ribu. Sedangkan satu buah melon bisa dinikmati dengan harga Rp 1,68 juta.

Hideki mengatakan Nishimura tidak memiliki stok stroberi dan melon yang cukup banyak untuk dijadikan menu tetap. "Semua ada sampai habis saja," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement