Senin 27 Feb 2017 15:19 WIB

Gua Ini 'Sembunyikan' Alat Musik Menakjubkan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Gua Luray Caverns
Foto: Amusingplanet
Gua Luray Caverns

REPUBLIKA.CO.ID, LURAY -- Saat melakukan jelajah gua, apa yang Anda harap bakal ditemukan? Harta karun, peninggalan purbakala, air terjun rahasia, atau bahkan peradaban tersembunyi?

Alih-alih itu semua, hal nyata tapi menakjubkan ini bisa Anda jumpai di pelosok gua Luray Caverns, Taman Nasional Shenandoah, Virginia, Amerika Serikat. Tersembunyi di dalamnya, terdapat alat musik unik bernama Great Stalacpipe Organ.

Nada-nada yang keluar dari organ diproduksi dengan memanfaatkan 37 buah stalaktit purba pada langit-langit gua. Buku panduan perjalanan Atlas Obscura menyebutnya sebagai instrumen musik terbesar di dunia.

Sejarahnya, gua tersebut ditemukan oleh tim yang salah satunya adalah konduktor kenamaan Andrew Campbell pada 1878. Ia kagum mendapati formasi stalaktit yang sedemikian rupa lantas menggandeng musikus dan sejumlah peneliti untuk merancang organ istimewa di sana.

Alat musik khusus tersebut didesain oleh musikus pemain organ Leland W Sprinkle pada 1956. Butuh tiga tahun bagi Sprinkle untuk menemukan sejumlah stalaktit tepat untuk memproduksi nada yang dibutuhkan.

Nama Great Stalacpipe Organ tentunya diambil dari kekhasan bentuk organ. Instrumen itu merupakan kombinasi dari stalaktit (stalactite) dan organ pipa (pipe organ) yang menghasilkan gema suara besar (great) di seluruh gua.

Great Stalacpipe Organ terletak di area gua penuh stalaktit seluas 1,42 hektare. Namun, saat dimainkan, suara organ mampu menjangkau seluruh area gua yang punya luas total 25,89 hektare, dikutip dari Daily Star.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement