Sabtu 25 Feb 2017 20:45 WIB

Festival Kopi dan Cokelat Hadir di Kota Bekasi

Rep: Kabul Astuti/ Red: Nur Aini
Bubuk kopi (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Bubuk kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kabar gembira untuk para pecinta kopi, Festival Kopi dan Cokelat Sinpasa 2017 kembali hadir untuk yang kedua kalinya di Kota Bekasi. Festival ini menghadirkan beragam pilihan rasa dan varian kopi dari penjuru Nusantara, serta edukasi tentang kopi dari ahlinya.

Koordinator Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi, Esra Dewayani, mengatakan ini merupakan kali kedua Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi menggelar festival kopi. Meski sudah jamak di Jakarta dan luar negeri, menurut Esra, festival kopi terbilang masih jarang hadir di Kota Bekasi.

"Kami ingin mengenalkan kopi-kopi dari seluruh Nusantara, mungkin tidak banyak yang tahu kalau kopi Nusantara itu masuk lima besar di dunia. Semacam kopi Gayo, kopi Toraja, Kintamani, Papua, NTB, dan banyak sekali kopi-kopi berkualitas yang ditanam di Indonesia," kata Esra, kepada Republika.co.id, Sabtu (25/2).

Ada 13 tenant yang hadir dalam Festival Kopi dan Coklat Sinpasa 2017. Setiap tenant membawa varian biji kopi yang beragam, sehingga pengunjung dapat merasakan keunikan rasa biji kopi Nusantara di antaranya, kopi arabica, robusta, liberica, kopi kintamani bali, kopi toraja, dan kopi gayo.

Pengunjung juga dapat mencoba ragam olahan kopi, mulai dari cold brew coffee, green beans coffee yang mampu menurunkan berat badan, hingga coffee wine. Sementara, bagi para pecinta cokelat tersedia tenant yang menjual ragam olahan coklat dan waffles. Festival berlangsung di Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi mulai 24-26 Februari 2017.

Ragam olahan kopi di sini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 15 ribu. Tersedia area tempat duduk agar pengunjung dapat nyaman menikmati kopi bersama keluarga. Harapannya, ujar Esra, kopi khas Nusantara bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia.

Esra mengatakan, festival kopi dan cokelat tahun ini juga menghadirkan edukasi bagi pengunjung yang ingin tahu lebih banyak perihal kopi. Para barista dari Komunitas Barista Indonesia dan Indonesia Brewing Adventure (IBA) siap berbagi wawasan mengenai ragam kopi, manfaat, dan teknik membuat kopi.

"Pengunjung selain bisa menikmati kopi yang fresh, mereka bisa mendapatkan edukasi kopi. Yang ikut di sini barista-barista yang sudah sangat tahu tentang kopi. Ada kopi yang bisa untuk kesehatan, misal orang yang asam lambungnya tinggi. Mereka tahu kopi apa yang aman dan bermanfaat," ujar Esra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement