Kamis 23 Feb 2017 11:56 WIB

WWF Berharap Wisata Labuan Bajo Berbasis Lingkungan

Labuan Bajo
Foto: Sumber: mulpix/Adityah Kasim @adityahkasim
Labuan Bajo

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- WWF Indonesia berharap pembengangan pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, berbasis lingkungan.

"Dengan demikian, akan menjadi sebuah kawasan wisata yang lebih berkualitas dengan kesimbangan ekosistem dan lingkungan laut maupun di daratnya tetap terjaga," kata Koordinator Jejaring Kawasan Konservasi Perairan Sunda Kecil Bali, NTB, dan NTT WWF Indonesia Khaifin, Kamis (23/2).

Khaifan mengatakan bahwa upaya pemerintah untuk melakukan pengembangan wisata di Labuan Bajo dengan destinasi Kawasan Taman Nasional Komodo dan sejumlah wisata bawah air di daerah itu sangat didukung dan didorong untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah itu. Walaupun demikian, menurut dia, penting dan sangat relevean untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem yang ada sehingga tidak mengganggu kondisi alam.

Pengendalian sampah di darat dan merawat ekosistem bawah laut harus menjadi hal terpenting yang masuk dalam sistem pengembangan pariwisata di daerah tersebut. Dengan begitu, kenyamanan wisatawan bisa dijamin betah di daerah itu.

Dengan makin nyaman seorang wisatawan berada di daerah itu, kata dia, akan memberikan peluang baginya untuk tetap berlama-lama di daerah destionasi tersebut. Khaifin mengatakan bahwa konsep keberhasilan tujuan pariwisata bukan sekadar pada besaran atau tingginya gelombang kunjungan, melainkan juga pada kualitas dan lamanya seorang wisatawan berada di Labuan Bajo.

Ia mengumpamankan seorang pengunjung bisa bertahan di Labuan Bajo karena nyaman lebih menguntungkan daripada banyak yang datang tetapi hanya sehari karena merasa tidak nyaman.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement