Selasa 21 Feb 2017 14:02 WIB

Cara Dekat dengan Anak Dibangun Sejak Kecil

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Orang tua dan anak
Foto: pixabay
Orang tua dan anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak perlu mendapatkan perhatian orang tua pada usia anak-anak untuk membangun kedekatan hingga dewasa. Pada usia sekolah mengah pertama dan atas biasanya anak sudah lebih membangun hubungan dengan teman.

"Biasanya anak PAUD kalau ditanya cita-cita pengen seperti ayah atau ibunya, karena ini kedekatan," kata Pakar Psikologi Pendidikan dan Sekolah Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A dalam acara peluncuran "Kalbe Junior Scientist Award 2017", Selasa (21/2).

Dr. Tjut mengatakan, anak-anak mesti mendapatkan perhatian langsung dari orang tua. Meski ada pengasuh, orang tua tidak boleh sepenuhnya melepaskan kalau tidak ingin anaknya menjadikan pengasuh sebagai model kehidupan.

Sebab ketika orang tua sudah membuat jarak sejak anaknya masih kecil maka saat dewasa akan sulit membangun kedekatan. Anak memasuki masa sekolah pertama dan menengah akan lebih banyak melibatkan diri dengan teman-temen dan menganggap penilaian teman lebih penting, sehingga kedekatan dengan orang tua tentunya akan renggang.

"Tapi kalau dari kecil udah dekat, pas dewasa pun anak akan tetap berkomunikasi tentang apa yang dilakukan dan berteman dengan siapa," kata Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Disarankan orang tua mencoba mendekatakan diri dari kegiatan-kegiatan menyenangkan sehari-hari. Membawa anak jalan-jalan atau berolahraga bersama dinilai dapat membangun hubungan yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement