Selasa 14 Feb 2017 07:21 WIB

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

 Pengendara sepeda motor dengan menggunakan jas hujan menerobos hujan di Kawasan Salemba, Jakarta, Senin (5/12).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pengendara sepeda motor berteduh di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) saat hujan turun, Jakarta, Kamis (9/6). Memasuki musim hujan, polisi meminta pengendara untuk tidak berteduh di sembarang tempat, khususnya di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (

10. Hindari penutup wajah

Jangan menggunakan kain penutup hidung saat berkendara dalam hujan karena air yang langsung menerpa wajah dan membasahi kain justru mengganggu pernafasan dan konsentrasi berkendara.

11. Amankan dokumen dan ponsel

Segera amankan ponsel serta dokumen-dokumen berkendara seperti SIM, STNK, ATM dan kartu kredit yang ada didompet agar membuat berkendara lebih tenang.

"Masukan dalam plastik atau bungkus yang rapat di dalam tas. Tas ransel bagi pemotor biasanya memiliki lapisan pelindung yang bisa dibeli terpisah atau menyatu di tas ransel tertentu," katanya.

12. Helm anti embun

Helm jenis ini memiliki kaca khusus yang bebas dari risiko terjadinya embun akibat uap nafas di dalam helm. Ada jenis helm tertentu yang kacanya juga tidak menimbulkan butiran air sehingga pandangan tetap jernih.

"Ini sifatnya tambahan semata, hal terpenting adalah memakai helm yang memiliki kaca di bagian wajah sehingga muka dan mata tidak pedih terkena air hujan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement