Selasa 14 Feb 2017 07:21 WIB

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

 Pengendara sepeda motor dengan menggunakan jas hujan menerobos hujan di Kawasan Salemba, Jakarta, Senin (5/12).
Foto: Republika/Prayogi
Pengendara sepeda motor dengan menggunakan jas hujan menerobos hujan di Kawasan Salemba, Jakarta, Senin (5/12).

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam beberapa hari terakhir kerap terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras pada waktu pagi dan sore hari. Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) yang juga pengamat perilaku berlalu lintas, Edo Rusyanto, mengatakan idealnya saat terjadi hujan deras semestinya pengendara tidak memaksakan diri melaju terutama jika menggunakan sepeda motor.

Ia mengatakan fakta dan data memperlihatkan bahwa hujan merupakan pemicu utama kecelakaan yang dominan di faktor alam. Ancaman serius juga bisa datang dari aspek lain, misalnya tertimpa pohon tumbang.

Data Korlantas Polri tahun 2015 memperlihatkan bahwa dari keseluruhan faktor alam, hujan memicu 65 persen kecelakaan akibat faktor alam. Setidaknya setiap hari ada dua kasus kecelakaan yang dipicu oleh hujan.

"Ini tips berkendara saat hujan. Pada prinsipnya, mobil dan motor sama saja. Hanya pada bagian tertentu yang berbeda, misalnya soal pemakaian helm anti embun, jas hujan dan sepatu."

Berteduh merupakan pilihan yang jitu ketika hujan mengguyur. Namun, jika terpaksa harus terus berkendara berikut 16 hal yang patut diperhatikan:

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement