Senin 13 Feb 2017 02:27 WIB

Musisi Jazz Legendaris Al Jarreau Tutup Usia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Al Jarreau
Foto: Agung Supriyanto
Al Jarreau

REPUBLIKA.CO.ID,  LOS ANGELES -- Penembang jazz kenamaan Al Jarreau wafat. Legenda musik asal Amerika Serikat (AS) tersebut tutup usia pada Senin (13/2) WIB atau Ahad (12/2) pagi waktu Los Angeles. Pelantun "I Can Recall" tersebut meninggal dunia di usia 76 tahun.

The Daily Beast mengabarkan, musisi bernama lengkap Alwin Lopez Jarreau tersebut wafat dengan kondisi sakit. Peraih 7 Grammy Award tersebut, dikabarkan memang tengah berjuang melawan sakit pernafasan dan jantung dalam tahun-tahun terakhir.

Meski dalam kondisi sakit, Al Jarreau tetap berusaha tampil. Bahkan, baru-baru ini, dia baru saja melakoni tur menyanyi di beberapa negara dan kota-kota di negeri Paman Sam. Tur tersebut, menjadi pentas terakhirnya.

Sebab, dalam beberapa kesempatan, laman TMZ mengatakan di sela-sela pementasannya, penyanyi kelahiran 1940 itu, pernah mengucapkan bakal pensiun. "Tapi, dia meninggal saat berada di rumah sakit," demikian laporan tersebut, Senin (13/2).

Nama Al Jarreau salah satu legenda musik jazz dunia. Reputasinya di belantika musik internasional sudah dimulai sejak pertengahan 1960-an. Sejumlah hits darinya, menghiasi generasi musik 1970 sampai akhir 1980.

Tercatat, tak kurang dari 15 album jazz dan juga R&B juga hiphop dia keluarkan sepanjang karier menyanyinya. Album terakhir darinya, pada 2014 lalu dengan judul My Old Friend: Celebrating George Duke. Puluhan single pun membuat namanya menjadi yang teratas di jagat musik bergenre soul jazz.

Al Jarreau juga sempat terlibat dalam hits ternama "We Are the World" bikinan Raja Pop Dunia, Michael Jackson, pada 1985. Tembang keroyokan musisi-musisi Amerika seperti Bob Dylan dan Bruce Springsteen, serta Stevy Wonder tersebut, sampai hari ini masih menjadi salah satu tembang terbaik sepanjang massa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement