Selasa 07 Feb 2017 07:05 WIB

Batas Ideal Membersihkan Wajah Kulit Berminyak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.
Foto: Prayogi/Republika
Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak mungkin sering merasa kesal. Sebab wajah sering sekali terlihat mengkilap, meskipun baru sebentar saja menggunakan riasan.

Apa solusinya, bolehkah sering mencuci muka? Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Sari Chairunnisa mengatakan beberapa tipe kulit ada pantangan tersendiri.

Untuk kulit kering dan sensitif, hindari penggunaan scrub setiap hari hari. Bagi yang memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan scrub cukup satu atau dua kali seminggu. Sebaliknya untuk kulit berminyak, lebih terasa nyaman menggunakan scrub karena terasa lebih bersih.

“Bagi kulit berminyak bisa lebih sering. Kulit berminyak tidak cukup cuci muka dua kali sehari. Untuk kulit normal dan kering cuci muka dua kali sehari cukup. Pagi dan sore atau sebelum tidur. Kalau berminyak cuci muka lagi maksimal empat kali sehari. Kalau lebih bisa jadi lebih berminyak lagi,” ujarnya.

Lalu apakah jika kulit muka mulai berminyak bisa dipulas ulang dengan bedak lagi? Menurutnya serap dulu minyaknya dengan kertas minyak, kemudian baru bisa langsung poles ulang dengan bedak tabur.

Kemudian ketika habis cuci muka atau berwudhu, apakah sebaiknya menggunakan riasam dari awal lagi atau tidak? Menurutnya ini tergantung aktivitasnya. Misalnya outbound atau liburan harus memakai pelembab dengan kandungan SPF, diulang dua sampai tiga jam sekali. Tidak perlu dibersihkan dari awal, bisa langsung touch-up. Untuk yang berada di dalam ruangan, ulang pemakaian SPF, empat sampai enam jam sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement