Senin 06 Feb 2017 14:22 WIB

Cara Tepat Membersihkan Wajah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perawatan kulit wanita
Foto: Republika/Prayogi
Perawatan kulit wanita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah bersih dan sehat. Jika kulit wajah sehat maka aplikasi riasan pun akhirnya jadi sempurna. Dan tentu saja akan membuat penampilan semakin menarik.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Sari Chairunnisa, SpKK, menjelaskan salah satu kunci utama perawatan wajah adalah pembersihan. Tujuan pembersihan adalah untuk menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan kelebihan minak, keringat juga kosmetik. “Jika pakai makeup Anda berjerawat, itu berarti pembersihannya kurang optimal. Kulit muka akan lebih kusam dan mudah berjerawat,” jelasnya.

Bagaimana cara membersihkan wajah yang benar? Ia menjelaskan langkah pertama adalah ambil pembersih wajah dan letakkan di jari kemudian gosokkan tangan Anda bersama. Mulai dari dahi dengan gerakan ke atas kepala. Kemudian turun ke hidung dan dagu, selalu dari atas ke bawah hidung.

Ingat untu tidak melakukannya dengan cara sebaliknya. Sebab akan membuat pori-pori menjadi besar. Lanjutkan dengan membersihkan bagian pipi. Mulai dari samping hidung menuju pipi. Kemudian lanjutkan ke bagian dagu. Lalu pijat leher. Kemudian bersihkan dengan kapas atau tisu.

Lanjutkan dengan pembersihan kedua, ambil kembali pembersih letakkan di jari. Gosok tangan bersamaan mulai dari dagu dengan gerakan memutar teratur sampai ke dagu, hidung dan dahi. Jangan abaikan leher. Bilas dengan air. Keringkan, jangan digosok.

Sari menerangkan banyak pula yang bertanya tentang pembersih apa yang baik. Apakah dengan minyak zaitun, susu pembersih, atau lainnya?

Menurutnya tergantung dari aktivitas dan riasan yang dikenakan. Mereka yang berdandan tebal butuh membersihkan lebih intens dibanding yang riasannya tipis. “Yang penting pastikan makeup bersih.”

Untuk mereka yang berdandan tebal bersihkan dengan pembersih. Jika sudah tidak ada bekas riasan di kapas pembersih, tandanya mukanya sudah bersih. Siap untuk lanjut dibersihkan dengan air dan sabun pembersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement