Senin 06 Feb 2017 11:04 WIB

Cara Hemat Mengisi Perabotan Rumah Baru

Memilih perabotan rumah tangga.
Foto: Republika/Prayogi
Memilih perabotan rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, Bersiap untuk menempati rumah baru tentu menjadi masa yang menyenangkan dan sangat menarik, karena Anda akan memasuki suasana baru dan tentu saja ingin menciptakan suasana yang nyaman untuk rumah. Rumah yang nyaman bukan hanya ditentukan dari rumah itu sendiri, tapi juga dari perabotan yang mengisinya.

Jumlah perabotan yang diperlukan pun cukup banyak. Untuk mengisinya dengan lengkap, maka Anda perlu untuk menyisihkan waktu dan tenaga untuk mencari dan membeli perabot yang paling sesuai. Tidak hanya waktu dan tenaga, dana pun harus disiapkan karena kebutuhan perabot cukup menguras anggaran.

Setelah tuntas mengurus pembelian rumah, dompet Anda bukan berarti bisa bernapas lega karena masih harus mengurus kebutuhan untuk membeli perabot. Pada umumnya, Anda dapat membeli rumah dengan mencicil baik pada developer maupun pada bank.

Hal ini tentu saja juga harus dipertimbangkan dalam menentukan anggaran dalam membeli perabot, sehingga pembelian perabot tidak mengganggu kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Penghematan dalam membeli perabot sangat penting untuk menyiasati keterbatasan anggaran sehingga dana yang dimiliki masih cukup dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Berikut tips yang dapat digunakan agar dapat mengisi rumah dengan hemat:

Beli perabot secara bertahap

Saat rumah masih dalam kondisi kosong, Anda mungkin tergoda untuk segera mengisi rumah dengan perabotan yang lengkap, mulai dari sofa, meja makan, lemari, televisi, kulkas, mesin cuci, sound system, hingga berbagai perabotan lainnya. Tentu saja pembelian perabotan tersebut sekaligus dalam jumlah besar akan menguras kantong Anda.

Untuk mengakalinya, Anda dapat mengatur untuk membeli secara bertahap. Buatlah daftar perabot yang ingin dibeli, dan kelompokkan berdasarkan kategorinya. Selanjutnya, Anda dapat mengatur kebutuhan tersebut berdasarkan prioritasnya sehingga perabot yang sangat penting dan memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari yang akan dibeli terlebih dulu. Anda dapat membagi tahapan pembelian perabot dalam beberapa bulan, sehingga beban biaya yang harus dikeluarkan pun tidak begitu besar.

Gunakan perabotan lama

Jika sebelumnya tinggal di rumah orang tua atau kontrakan, Anda tentu mempunyai perabot yang biasa digunakan sehari-hari. Catatlah perabot yang dapat dipakai dan pelajari apakah Anda dapat menggunakan perabot lama tersebut untuk di rumah yang baru? Mengisi rumah baru tidak harus dengan perabotan yang serba baru pula.

Perabot lama yang masih berfungsi dengan baik tentu juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi rumah baru daripada dibiarkan di tempat lama dan tidak terpakai. Bila merasa kesulitan untuk memindahkan perabot lama ke rumah baru, maka jangan lupa untuk menjual terlebih dahulu perabot lama tersebut karena dana yang didapat mungkin bisa membantu untuk menambah anggaran pembelian perabot di rumah baru.

Pilih barang berkualitas dengan harga murah

Jenis dan variasi perabot tentu sangat banyak karena terdapat berbagai pilihan bahan, warna, desain, dan sebagainya. Untuk dapat menghemat anggaran, Anda dapat membeli produk dengan kualitas yang baik dengan harga murah. Anda tidak harus membeli yang terlalu mewah asal memiliki kualitas fungsional yang baik.

Rencanakan pembelian secara tunai dan kredit

Saat ini cukup banyak toko yang menawarkan pembelian perabot secara kredit. Hal ini di satu sisi memang membantu Anda karena tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar secara langsung. Meski demikian, jangan pula untuk melakukan seluruh pembelian dengan cara kredit karena akan memperbesar beban cicilan dan membuat Anda ceroboh dengan melakukan pembelian yang terlalu besar.

Untuk itu, aturlah perabot mana saja yang akan Anda beli secara tunai dan mana yang secara kredit. Pastikan pula bahwa Anda tidak terjerat dengan bunga tinggi karena hal itu akan merugikan keuangan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan promo cicilan tanpa bunga yang terkadang ditawarkan oleh kartu kredit Anda.

Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Mengisi rumah baru tentu menyenangkan dan banyak sekali hal yang diinginkan, namun demikian Anda harus ingat untuk tetap menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Dengan demikian, mengisi rumah tersebut tidak akan mengganggu keuangan Anda di masa depan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement