Kamis 02 Feb 2017 19:29 WIB

Masyarakat Antusias Nikmati Skywalk Cihampelas

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berbincang dengan salah satu pedagang saat meninjau di Skywalk Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (2/2).
Foto: Mahmud Muhyidin
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berbincang dengan salah satu pedagang saat meninjau di Skywalk Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Skywalk mulai dibuka untuk masyarakat Kota Bandung. Bentangan baja dan beton 'di atas langit' Jalan Cihampelas ini menyuguhkan berbagai pilihan kepada pengunjung seperti menikmati pemandangan dari ketinggian, berjalan di bawah teduhnya pohon, hingga berbelanja kuliner dan pakaian.

Keberadaan tempat baru di Kota Bandung ini pun langsung diserbu oleh masyarakat Kota Bandung, saat dibuka untuk pertama kalinya, Kamis (2/2). Ratusan warga dari berbagai usia dan kalangan banyak yang berswafoto sambil menikmati Skywalk Cihampelas ini. Selain itu, banyak pengunjung yang memilih berbelanja lokasi tersebut.

Di sepanjang Skywalk Cihampelas ini, terdapat banyak kios yang diisi para pedagang yang sebelumnya memadati pinggiran Jalan Cihampelas. Berbagai produk siap dijual kepada para pengunjung mulai dari pakaian, cenderamata khas Bandung dan Jawa Barat, serta berbagai jenis makanan dan minuman.

Penempatan kios-kios yang terbuat dari seng dan besi ini disusun sebaik mungkin dengan balutan bermacam-macam warna. Tempat mencari nafkah baru bagi pedagang kaki lima ini berukuran 2x3 meter yang disediakan Pemerintah Kota Bandung.

Menurut salah seorang pengunjung, Andita Naila (17), Ia merasa terhibur dengan adanya sarana baru ini. Pelajar yang hadir bersama sekitar empat orang temannya ini menilai Skywalk Cihampelas cukup menghibur masyarakat terutama yang ingin mendapatkan sensasi baru berjalan-jalan di atas ketinggian.

"Di sini seperti taman lagi, banyak bunga, juga pohon-pohon besar. Untuk ngobrol-ngobrol juga seru, kan disediakan kursi-kursi," kata dia yang saat ditemui sedang menikmati es krim yang dijual di lokasi tersebut.

Ditemui saat memantau langsung pembukaan pertama Skywalk Cihampelas, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil merasa puas dengan sambutan masyarakat di hari pertama ini. Menurutnya, antusias warga ini menjadi bayaran yang sangat berharga bagi Pemerintah Kota Bandung yang telah membangun sarana ini.

"Lihat, ramai kan," ujar pria yang akrab disapa Emil.

Usai memantau Skywalk dari bagian ujung utara hingga tengah, Emil pun menyempatkan diri untuk singgah di salah satu kios yang menjajakan nasi dan lauk pauknya. Didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung, Emil terlihat santai menikmati makan siangnya itu.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Bandung Dadang Iriana mengatakan, usai dibukanya Skywalk ini, pihaknya memastikan tidak ada lagi pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di bawah. Dia menginginkan sepanjang Jalan Cihampelas ini terbebas dari berbagai PKL pascaberoperasinya jalan di atas langit tersebut.

Selain karena telah disediakan kios di Skywalk, menurutnya tidak ada alasan bagi PKL berjualan di bawah. Selama ini PKL menjadi salah satu penyebab kemacetan. "Tidak ada toleransi untuk berjualan di bawah," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement