Senin 30 Jan 2017 15:55 WIB

UKM Lokal Diajak Berpameran di IKEA

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Produksi UKM lokal yang dijual di IKEA Indonesia.
Foto: Republika/Novita Intan
Produksi UKM lokal yang dijual di IKEA Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mendorong dan memperkenalkan produksi lokal, IKEA mengajak seluruh UKM di Indonesia melakukan kegiatan pameran ataupun berjualan, pada hari Jumat, Sabtu dan Ahad pertama setiap bulannya. Kegiatan ini akan mulai diberlakukan pada Maret 2017, bertempat di IKEA Alam Sutera, Tanggerang.

General Manager IKEA, Mark Magee, mengatakan produk yang ditampilkan peserta UKM akan berbeda-beda sesuai tema toko IKEA setiap bulannya. "Dalam pameran ini akan ada 30 UKM, yang berasal mulai dari Jawa, Sulawesi dan Kalimantan. Salah satu produknya berupa handycraft, dan dalam pameran ini UKM bisa berjualan selama 10 bulan," ujar Mark di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Senin (30/1).

Menurutnya, produk buatan Indonesia terbukti memiliki kualitas baik serta ramah lingkungan dengan harga terjangkau. Tak heran, hingga saat ini sebanyak 11 produsen Indonesia telah menjadi pemasok IKEA. Produk Indonesia itu telah dijual di 389 toko IKEA yang tersebar di 48 negara.

"11 produsen di Indonesia, rata-rata memproduksi seperti rotan, tekstil. Sehingga mampu menghasilkan produk berbahan lembut yang biasa digunakan untuk produk anak-anak (papan tulis, kursi, meja, dan lainnya)," jelas dia.

Kegiatan tersebut sekaligus kelanjutan IKEA untuk melakukan kerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Dengan kerjasama ini, IKEA akan menularkan ilmu dan pengalaman kepada UKM binaan YDBA agar naik kelas menjadi produsen kelas dunia.

"Melalui berbagai ragam barang hasil desain IKEA Swedia yang diproduksi di Indonesia, kami ingin masyarakat Indonesia bangga membeli produk buatan RI dan mendorong pengusaha Indonesia untuk bisa bersaing secara global," ungkapnya.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengakui saat ini banyak desain dengan standar kualitas IKEA Swedia telah lama diproduksi di Indonesia dan diekspor ke seluruh gerainya di dunia.

"Kalau produk Indonesia masuk ke satu gerai (IKEA) saja, maka di seluruh gerai di dunia juga akan masuk," jelas Srie.

Cara ini cukup menguntungkan bagi Indonesia. Mengingat, proses satu barang untuk bisa diekspor ke negara tertentu biasanya harus melalui sejumlah proses.

"IKEA merupakan peritel kelas dunia yang bisa menjadi perantara produk Indonesia untuk berkembang," tambah Srie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement