Senin 23 Jan 2017 13:16 WIB

Desain Kue Pelantikan Trump Mirip dengan Kue Obama?

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Kue pelantikan Donald Trump.
Foto: AP
Kue pelantikan Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa waktu lalu, ramai diberitakan pidato Melania Trump disebut-sebut mengkopi pidato Michelle Obama. Kini kejadian serupa kembali terulang, kue pelantikan Donald Trump tampak sangat identik dengan kue yang disajikan saat pelantikan Barack Obama empat tahun silam.

Dilansir Malay Mail Online, chef pembuat kue terkemuka asal Detroit Duff Goldman mengklaim kue pelantikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump identik dengan yang ia buat untuk pelantikan Obama pada 2013. Goldman memang ditunjuk untuk membuat kue pelantikan Obama, namun tidak untuk pelantikan Trump kali ini.

"Kue di sebelah kiri adalah salah satu yang saya buat untuk pelantikan Presiden Obama 4 tahun lalu. Yang di sebelah kanan adalah kue Trumps. Bukan saya yang buat, " ujar Goldman di akun Twitternya disertai sebuah foto dengan gambar kedua kue. Cicitan itu seakan mengisyaratkan bahwa desain kue Trump menjiplak miliknya.

Perusahaan yang membuat kue Trump, Buttercream Bakeshop, mengakui menyalin desain Goldman atas perintah klien mereka. Pemilik Buttercream Bakeshop Tiffany MacIsaac mengatakan kepada Washington Post stafnya telah mencoba untuk mendorong klien menggunakan karya Goldman hanya sebagai 'inspirasi', tapi kliennya menolak.

"Mereka datang ke kami beberapa minggu yang lalu, di waktu-waktu terakhir, dan berkata, 'kami memiliki sebuah foto kue yang ingin kita tiru'," kata Maclsaac mengutip ucapan kliennya.

Ia menambahkan, meski toko kuenya lebih suka menciptakan desain original namun meniru desain kue masterpiece Goldman merupakan sebuah kehormatan. 

"Ketika kita diminta untuk meniru karya orang lain kita senang ketika itu adalah karya seperti ini," ujar Buttercream Bakeshop di Instagramnya.

Di instagramnya tersebut Buttercream Bakeshop juga menyebut akun Instagram Goldman, @duff_goldman, dan mengatakan tahun ini komite pelantikan mempercayakan mereka untuk melakukan penciptaan ulang kue Goldman. Toko kue tersebut juga mengatakan uang hasil kue tersebut akan disumbangkan seluruhnya untuk mendukung Kampanye Hak Asasi Manusia, termasuk hak LGBT.

Kue pelantikan Goldman untuk Obama adalah kue bersusun berwarna biru, putih dan merah menyilaukan dengan desain Starburst biru di bagian atas. New York Daily melaporkan bahwa setiap tingkatan kue memiliki rasa unik seperti red velvet dengan krim keju dan lemon pop serta kue nanas di bagian atasnya berbalut Swiss meringue buttercream.

Namun belum diketahui apakah kue Trump memiliki rasa yang sama atau lebih baik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement