Kamis 19 Jan 2017 10:12 WIB

Hindari Ini Agar Sukses Berbisnis

Menjadi pengusaha
Foto: Republika/Rakhmawaty
Menjadi pengusaha

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika menjalankan usaha atau bisnis yang memang disukai, tentunya harapan kita adalah bisnis tersebut akan selalu berjalan dengan baik, tanpa hambatan, dan ke depannya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat untuk pemiliknya. Namun, kenyataannya, menjalankan bisnis tidak semulus itu, pasti akan ada hambatan yang membuatnya harus tetap bertahan, jika tidak maka  akan berisiko mengalami kegagalan bisnis.

Para pengusaha yang sudah sukses sekalipun, awalnya selalu mengalami kegagalan hingga berkali-kali, sebelum bisnisnya berada di puncak seperti saat ini. Yang bisa mempertahankan pemilik usaha agar tidak cepat berputus asa adalah rasa percaya diri dan terus mencoba, saat usahanya mengalami banyak hambatan.

Berikut ini adalah beberapa alasan umum yang menjadi faktor kegagalan dalam menjalankan bisnis dan usaha.

Bisnis yang Hanya Coba-coba

Bisnis harus difokuskan dan memiliki tujuan, jangan hanya menjadikan bisnis atau usaha sebagai bahan percobaan.

Tidak Suka dengan Usaha yang Dipilih

Sebaiknya, menjalankan usaha itu juga harus sesuai dengan keinginan dan apa yang kita suka. Hal ini bisa memudahkan dalam mengelola dan terus mengembangankan usaha atau bisnis yang sedang berjalan ini.

Menjalankan Bisnis Karena Tren

Jika memang ingin memulai untuk berbisnis, sebaiknya jangan karena ikut-ikutan. Bisnis yang berjalan hanya karena tren, biasanya tidak bisa berjalan lama. Bahkan, lebih parahnya lagi ini akan memberikan dampak yang lebih parah yaitu mengalami kegagalan dalam berbisnis. Di awal, bisnis yang sedang tren memang sangat menggiurkan, contohnya saja seperti bisnis batu akik yang sangat populer di awal tahun 2016 lalu. Namun, bagaimana perkembangannya saat ini? Sudah tidak sepopuler dulu. Sebaiknya, pahami terlebih dulu bagaimana bentuk bisnis atau usaha yang bisa berjalan dalam jangka panjang, yang dibutuhkan masyarakat dan bukan hanya mengikuti tren.

Melakukan Kerjasama dengan Orang yang Salah

Bisnis atau usaha yang dijalankan juga bisa mengalami kegagalan, karena melakukan kerja sama bisnis dengan orang yang tidak tepat. Jika dalam hal ini, posisi Anda adalah sebagai pemegang modal yang akan memulai usaha dengan mitra, sebaiknya teliti dulu calon mitra tersebut apakah memiliki rekam jejak yang bagus dalam pengalaman menjalankan usaha. Sebaiknya cari mitra yang memang sudah terbukti menjalankan usaha sebelumnya, dengan hasil yang cukup maksimal.

Tidak Fokus ke Bisnis yang Dipilih

Menjalankan usaha atau bisnis jenis apapun juga, sangat diperlukan adanya konsistensi dan ketekunan dari si pelaku usahanya tersebut. Kedua hal tersebut adalah faktor yang bisa mendukung keberhasilan usahanya nanti. Jika telah memilih untuk menjalankan usaha yang memang disukai, sebaiknya banyak belajar mengenai usaha tersebut. Pelajari segala aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Ketahui apa kelemahan dan kelebihan dari usaha yang sedang dijalankan tersebut.

Jangan Menyerah dan Jangan Takut untuk Mengulanginya

Saat bisnis yang dipilih sudah mulai berjalan, namun mengalami kegagalan karena sesuatu hal, maka jangan pernah merasa ingin menyerah dan tidak ingin mengulanginya, karena itu berarti sebenarnya anda tidak siap untuk menjadi pengusaha. Tetap percaya diri dan terus mencari apa kekurangan penyebab kegagalan usaha tersebut, dan coba untuk bangkit kembali.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement