Kamis 12 Jan 2017 12:15 WIB

Begini Cara Mudah Menuang Saus dari Botol Versi Peneliti

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah
Menuang saos tomat
Foto: Thekitchn
Menuang saos tomat

REPUBLIKA.CO.ID, Pecinta kentang goreng, burger, atau steak kerap menghadapi masalah ketika ingin menuang saus, baik tomat maupun sambal dari dalam botol. Peneliti dari University of Melbourne Anthony Stickland mengamati persoalan ini dan menjabarkan penemuannya dalam situs Pursuit seperti dikutip dari The Kitchn.

Stickland mengatakan, saus bukan benda cair melainkan benda padat lembut seperti halnya pasta gigi. Ia menjelaskan, tomat padat tertahan dalam cairan saus. Oleh karena itu, seseorang yang ingin menuang saus perlu menghadapi kekuatan fisik saus yang muncul dari kekuatan benda padat yang menempel dengan benda padat lainnya.

Gerak melawan itulah yang kerap menyebabkan seseorang sulit menuangkan saus dari dalam botol. Stickland memberikan langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menjawab persoalan tersebut.

Pertama, kocok saus terlebih dahulu. Benda padat dalam saus kerap menumpuk di bagian dasar botol dan menyisakan bagian cair di atasnya. Oleh karena itu, biasakan untuk mengocok saus terlebih dahulu agar zat padat dan cair menyatu. Tentunya, kocok botol dalam kondisi tertutup.

Kedua, balik botol dan dorong ke bawah sehingga saus menumpuk di bagian leher botol. Selanjutnya, buka tutup botol dan saus akan meluncur keluar dari botol. Jika tidak terjadi, Anda bisa memberikan sedikit dorongan di bagian dasar botol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement