Kamis 12 Jan 2017 12:01 WIB

Langkah-Langkah Penting dalam Memulai Usaha

Menjadi pengusaha
Foto: Republika/Prayogi
Menjadi pengusaha

REPUBLIKA.CO.ID, Jika dicermati dan amati, sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha menjanjikan. Namun keterbatasan dalam mengembangkan peluang-peluang tersebutl menjadi masalah besar yang menghambat keberhasilan dalam memulai usaha.

Pengalaman berwirausaha yang minim juga menjadi faktor penghambat untuk maju. Beberapa orang memang ada yang nekat dalam memulai usaha, namun niat nekatnya tersebut pasti sudah dipikirkan matang-matang terlebih dahulu. Nekat dalam hal ini maksudnya adalah ia sebagai calon wirausahawan sudah paham betul apa kemampuan yang ia miliki dan sudah siap untuk menanggung segala risiko dari tindakan yang diambilnya tersebut.

Kesulitan dalam mencari pekerjaan kadang menjadi hal yang membuat kita ingin membuka usaha. untuk memperoleh uang demi kelangsungan hidup. Membuka usaha sendiri memang terkadang menggiurkan, karena bisa menjadi bos di tempat atau lahan usaha. Selain itu waktunya yang fleksibel juga menjadi alasan berwirausaha. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana dan apa saja langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha.

Ide Bisnis

BMengapa ide adalah hal utama? Karena dengan ide, Anda selaku wirausahawan akan bisa membaca dan menerawang bagaimana kelanjutan bisnis yang Anda geluti kedepannya. Dengan menggunakan ide kreatif yang dimiliki, akan membuat hasil dan kualitas yang baik juga saat memulai usaha.

Memang untuk menemukan ide bisnis sedikit sulit, karena jika ide yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita, mau dibawa ke mana nantinya bisnis yang kita geluti? Maka dari itu selaraskanlah ide yang Anda miliki dengan hal-hal yang mungkin disukai, misalnya mulai bisnis dari hobi, hal yang menjadi favorit, dan lainnya.

Jika saat bisnis berlangsung ada masalah yang terjadi, maka bukanlah menjadi hal yang sulit untuk mengatasinya karena Anda sudah paham betul tentang jenis usaha yang dilakukan.

Rencana Usaha

Setelah menentukan ide bisnis, maka tahap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat rencana usaha. Rencana usaha ini meliputi apa saja yang akan dilakukan sebelum bisnis tersebut resmi Anda luncurkan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengorganisasian.  

Bisnis yang dibangun dengan planning yang baik, outputnya juga pasti akan baik pula. Selain empat (4) di atas, dengan adanya rencana bisnis maka akan memudahkan Anda untuk menentukan arah dan tujuan dari bisnis yang dibangun, mengetahui berapa anggaran/modal yang kita butuhkan untuk menjalankan bisnis, dan mengetahui apa saja risiko yang nantinya muncul dari bisnis yang akan dijalankan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, jika hal yang tidak diinginkan terjadi maka Anda akan semakin mudah mengantisipasi.

Melakukan Survei

Langkah yang selanjutnya dilakukan adalah melakukan survei atau analisis kondisi sebenarnya di lapangan. Hal ini wajib untuk dilakukan agar Anda mengetahui bagaimana kondisi pasar. Pengamatan yang harus dilakukan mencakup pengamatan terhadap konsumen, lingkungan sekitar, lokasi usaha, target penjualan yang hendak dicapai, pesaing di sekitar, pemasaran seperti apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk menarik perhatian para konsumen, dan masih banyak lagi. Inti dari melaksanakan survei adalah untuk mendapatkan hasil yang akurat terkait hal apa saja yang nantinya akan menghambat dan memajukan jalannya usaha yang dilakukan.

Persiapan Usaha dengan Matang

Yang satu ini adalah langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya. Persiapan usaha ini sama halnya seperti saat Anda ingin menikah. Sebelum menikah pastilah Anda meminta restu dari orang tua, kalau tidak? Bagaimana kelangsungan hubungan Anda dengan pasangan ke depannya? Jika dalam berusaha, persiapan yang kita lakukan belum matang, nantinya akan menjadi penghambat dalam kelangsungan usaha. Kita akan mengalami berbagai kesulitan nantinya, misalnya sulit untuk memperoleh bahan baku untuk diolah, kesulitan dalam memasarkan produk yang telah jadi, dan lain sebagainya.

Action

Keberhasilan usaha tidak akan diperoleh tanpa adanya action atau tindakan untuk memulai usaha. Dengan memulai usaha, maka Anda akan mengetahui apakah usaha yang dilakukan kelak akan berkembang dan sukses ke depannya atau tidak. Dari adanya action yang nyata juga akan membantu Anda untuk menemukan kekurangan yang ada dalam berwirausaha dan apa langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan itu secepatnya. Kepiawaian Anda untuk dapat bersaing dengan pengusaha lainnya akan diuji saat Anda melakukan action ini. Jika dapat bersaing, maka Anda sudah dekat dengan gerbang kesuksesan dalam berusaha.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement