Senin 26 Dec 2016 15:24 WIB

Libur Akhir Tahun, Bromo-Semeru Sedot Puluhan Ribu Wisatawan

Rep: Christiyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah
Wisatawan memadati kawasan padang pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (21/7).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Wisatawan memadati kawasan padang pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Keindahan alam di Gunung Bromo dan Gunung Semeru diprediksi akan menyedot puluhan ribu wisatawan dan pendaki pada libur akhir tahun ini. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memperkirakan jumlah wisatawan bisa mencapai 50 ribu orang.

Kepala Humas BB-TNBTS Antong Hartadi mengungkapkan dari perkiraan tersebut sekitar 10 ribu pendaki menyerbu Gunung Semeru. Sementara sisanya mengunjungi Gunung Bromo. "Libur akhir tahun terjadi peningkatan pengunjung, kami prediksi selama 10 hari terakhir sampai tahun baru jumlah pengunjung mencapai 50 ribu sampai 60 ribu orang," katanya pada Senin (26/12).

Libur sekolah yang berbarengan dengan libur Natal dan Tahun Baru menyebabkan jumlah pengunjung membeludak. Lewat keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (26/12), Kepala BB-TNBTS John Kennedie memaparkan jumlah pengunjung menjelang dan saat Natal.

Jumlah wisatawan yang naik ke Gunung Penanjakan pada Sabtu (24/12) dan Ahad (25/12) mencapai 2.159 orang. Di Gunung Penanjakan ini wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit dan pemandangan jajaran gunung di kawasan Tengger.

Sementara itu selama tiga hari terakhir pendaki Gunung Semeru cukup banyak. Jumlah pendaki Semeru pada 24 Desember sebanyak 937 orang. sedangkan pada 25 Desember sebanyak 722 orang. "Sempat dilakukan evakuasi pendaki yang sakit pada tanggal 24 dan 25 namun semuanya berjalan dengan lancar dan berhasil diturunkan ke rumah sakit Tumpang," terang John.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement