Senin 26 Dec 2016 12:52 WIB

Lima Wisata Pantai di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Pantai Tirang Semarang
Foto: Klikhotel
Pantai Tirang Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, Bila libur kali ini Anda berada di Semarang, atau hanya sekedar rehat, sempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata di daerah tersebut. Anda bisa menikmati wisata pantai.

"Saya sarankan untuk datang ke pantai saat pagi atau sore hari, karena bila siang hari, matahari sangat terik," ujar Public Relation and Advertising Ezytravel.co.id, Noor Aini Rachmawati dalam keterangan yang diterima Republika Online, Senin (26/12).

Beberapa pantai di Semarang yang bisa Anda kunjungi antara lain adalah:

Pantai Maron

Pantai Maron terletak di dekat landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang. Pantainya landai, aman bila Anda mengajak anak-anak bermain air. Pantai ini bisa ditempuh melalui dua jalur yaitu dari Bandara Ahmad Yani dan dari Perumahan Graha Padma.

Pantai Tirang

Pantai ini terletak dekat dengan Pantai Maron, tidak ada tiket resmi untuk masuk ke Pantai Tirang ini. Pengunjung hanya dikenai retribusi Rp 4000 untuk satu kendaraan bermotor yang masuk. Berbeda dengan Pantai Maron, di pantai Tirang yang terletak di desa Tambakrejo, Kecamatan Tugurejo, Kota Semarang ini dapat menyaksikan kegiatan nelayan yang sedang membudidayakan rumput laut.

Pantai Marina

Pantai ini dekat dengan Puri Maerokoco atau Taman Mini Jawa Tengah dan masuk melalui Perumahan Puri Marina. Tiap pengunjung dikenai retribusi Rp 3.000 buka setiap hari selama 24 jam. Untuk bermain air di Pantai Marina tidak direkomendasikan karena airnya sedikit keruh dan tidak landai seperti di pantai Maron atau Tirang. Bila Anda mengajak anak-anak bisa diajak keliling menyusuri laut pantai utara ini dengan perahu yang dapat disewa beramai-ramai dan setiap orang dikenai biaya Rp 5.000.

Di Pantai Marina ini kita juga bisa melihat keindahan sunset, cocok sekali bagi penggemar fotografi. Sayangnya angkutan menuju pantai ini sangat susah karena hanya ada satu bus menuju lokasi pantai dan itupun beroperasi dari jam enam pagi hingga jam lima sore saja. Di luar jam itu hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun taksi. Uniknya di tepi pantai ini banyak ditumbuhi pohon rindang, jadi kita bisa duduk santai tidak kepanasan sambil menikmati pemandangan laut yang luas.

Pantai Baruna

Belum banyak yang tahu ada Pantai Baruna di Semarang. Akses jalan menuju Pantai Baruna atau banyak yang menyebut Pantai Nyamuk tidak bagus. Bagi penggemar fotografi, Pantai Baruna ini cocok sekali bila ingin mengabadikan sunset maupun sunrise. Bagi yang hobi memancing, ditempat ini juga bisa digunakan untuk memancing, mungkin karena belum banyak pengunjung sehingga ketenangan memancing tidak terganggu.

Pantai Cipta

Letaknya bersebelahan dengan Pantai Baruna tetapi akses jalan masuknya berbeda. Akses masuk ke Pantai Cipta atau Pantai Peti Kemas terletak di belakang terminal peti kemas di dekat Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Sunset di Pantai ini sangat diburu oleh penghobi foto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement