Jumat 16 Dec 2016 15:23 WIB

Jakarta Halal Food Festival 2016 Siap Digelar Akhir Pekan

 Festival kuliner  (foto: Wisnu Aji Prasetiyo)
Festival kuliner (foto: Wisnu Aji Prasetiyo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertumbuhan industri kuliner di DKI Jakarta begitu pesat. Namun sayangnya masih banyak pelaku industri kuliner, terutama pada skala kecil dan menengah, yang belum memiliki sertifikasi halal.

Berangkat dari hal tersebut Jakarta Halal Food Festival (JHFF) 2016 digelar pada 17 hingga 18 Desember 2016 di Blok M Square, Jakarta.

Rizky Diansyah selaku Ketua Panitia JHFF 2016 mengatakan, ajang yang untuk pertama kali diadakan ini bertujuan untuk lebih mempersiapkan UMKM dan UKM kuliner dalam menghadapi persaingan global.

"JHFF 2016 akan diadakan di venue outdoor (terbuka) dengan konsep bazaar makanan dan minuman. Dalam dua hari acara, kami menargetkan lebih dari 4.000 pengunjung yang hadir," ujar Rizky Diansyah dalam keterangan tertulis, Jumat (16/12).

Melalui acara ini ia berharap jumlah industri kuliner di Jakarta yang telah memiliki sertifikasi halal meningkat. Seperti diketahui, dengan adanya sertifikasi halal tentu akan menjadi nilai tambah serta hal positif bagi pelaku industri kuliner.

Perhelatan JHFF 2016 ini juga bertujuan untuk memberikan jalur dan wadah bagi pengusaha kuliner supaya dapat mengetahui lebih jauh tentang halal dan mendapatkan kemudahan fasilitas dalam proses sertifikasi Halal.

"Untuk yang belum tersertifikasi, JHFF akan memfasilitasi agar mendapatkan sertifikasi halal tersebut," kata Rizky.

Sedikitnya akan ada 30 tenant makanan dan minuman yang akan hadir. Acara JHFF 2016 akan dimeriahkan oleh berbagai macam hiburan dan talk show. Mulai dari music tradisional Cilacap (Calung), Jazz Gathering, Sweet Rock Memories Band, Lawas Nite, Halal Cooking Competition, Halal Cooking Demo, Nasyid Competition dan lainnya.

Selain acara hiburan dan lomba, juga akan diadakan talk show seputar Halal dan Industri Kuliner Halal, dengan pembicara perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta, komunitas serta asosiasi dan pelaku kuliner.

JHFF 2016 juga didukung penuh oleh banyak pihak. Di antaranya MUI DKI Jakarta, LPPOM DKI, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia DKI (JPMI DKI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI, KNPI DKI, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), Indonesia Halal Center, Asosiasi Chef Halal, Surga pruener serta beberapa komunitas halal yang ada di Indonesia.

Seperti Dapur halal Community, Salimah Community, Nasyid Community, Komunitas Jazz Kemayoran dan masih banyak lagi. Sejumlah komunitas motor pun akan turut serta di acara halal food festival seperti MP3 Indonesia, Maxi Scooter Indonesia, Victory Riders Indonesia, Fire Bird Indonesia, Move Indonesia dan masih banyak lagi.

Event ini terbuka untuk umum dan tanpa biaya masuk. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement