Senin 12 Dec 2016 08:07 WIB

Mencicil Rumah tanpa Ganggu Tabungan Liburan

Membeli rumah.
Foto:
Membeli rumah.

Kurangi Hidup Konsumtif

Hidup konsumtif adalah sebuah pemborosan. Biasanya orang berperilaku konsumtif karena tuntutan gaya hidup. Tidak mau kalah dengan orang lain dan selalu bergaya terkini agar dibilang tidak kuno adalah alasan lain orang bersikap konsumtif. Jika tidak mampu, untuk apa melakukan hal yang demikian? Lebih baik batasi diri secepatnya, berhenti untuk mengikuti pola gaya hidup orang-orang jika merasa itu tidak perlu. Belajarlah untuk tidak sering nongkrong di kafe dan belajar untuk memasak sendiri makanan di rumah. Jika berhasil melakukan hal tersebut, maka pengeluaran akan berkurang secara otomatis.

Potong Penghasilan per Bulan

Alokasikan penghasilan untuk membayar tagihan-tagihan wajib yang terjadi setiap bulannya. Misalnya tagihan untuk listrik, air, telepon, internet, dan untuk kebutuhan yang dikonsumsi untuk dapat bertahan hidup selama sebulan penuh. Tidak hanya itu saja, jangan lupa untuk membayar tagihan asuransi, bayar cicilan rumah, dan yang terlebih paling penting jangan lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk biaya liburan di akhir tahun nanti. Jangan pernah menunda-nunda untuk membayar tagihan yang sudah menjadi kewajiban. Buatlah rincian berapa dana yang diperlukan untuk melunasi tagihan-tagihan dan berapa dana yang dibutuhkan untuk liburan nanti.

Jangan Terjerumus Gaya Hidup Boros

Dengan mengetahui keempat tips di atas, diharapkan dapat dengan mudah untuk membayar cicilan rumah tanpa harus mengganggu biaya untuk liburan nanti. Pintar-pintarlah untuk mengelola keuangan adalah yang terpenting. Jangan sampai terjerumus pada gaya hidup boros, karena itu akan menghancurkan diri sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement