Senin 12 Dec 2016 08:07 WIB

Mencicil Rumah tanpa Ganggu Tabungan Liburan

Membeli rumah.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Membeli rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan sangat dibutuhkan saat sudah merasa penat akan rutinitas yang dijalani sehari-hari. Liburan juga dapat dijadikan obat atasi stres dan obat kejenuhan.

Namun jika hanya memusatkan pikiran untuk liburan dan menghabiskan penghasilan hanya pada liburan dan liburan saja, tentunya tidak akan bisa menambah aset bukan? Seperti membeli rumah baru, mobil baru, dan sebagainya. Karena uang yang diperoleh selama ini hanya dihabiskan hanya pada liburan saja.

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer. Selain dijadikan sebagai tempat tinggal, rumah dapat juga dijadikan sebagai aset investasi yang menguntungkan ke depannya. Nilai dari properti cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Memiliki hunian mewah dan berada di jantung kota merupakan impian bagi semua orang. Namun harga yang ditawarkan pastinya juga sungguh fantastis, apalagi jantung kota termasuk tempat strategis yang sering dilalui oleh banyak orang saat berkendara.

Terlepas dari membeli rumah dan mobil baru, pastinya sebagai manusia biasa juga membutuhkan liburan bukan? Ingin berlibur tanpa mengganggu bayar cicilan rumah? Tentu saja bisa, dengan sistem yang terencana dan perhitungan yang baik, pasti bisa melakukannya.

Tentukan Rumah Idaman

Apakah ingin rumah yang megah seperti kastil Cinderella? Bisa-bisa saja. Tentukan juga lokasi tempat tinggal nantinya, apakah itu berada di jantung kota, di pedalaman, atau di tempat yang biasa-biasa saja. Atau mau beli di perumahan? Tentukan perumahan seperti apa yang sesuai dengan seleramu. dengan mengetahui tipe rumah idaman beserta lokasinya akan membantu dalam mempersiapkan anggaran yang cukup untuk membelinya. Jangan pernah main-main soal anggaran untuk membeli rumah, karena zaman sekarang, rumah tapak biasa harganya bisa sangat tinggi. Intinya siapkan dana yang cukup untuk memiliki hunian yang diinginkan.

Manfaatkan Promo Developer

Untuk mendapatkan rumah idaman memang tidaklah mudah, apalagi penghasilan tidak melulu dihabiskan hanya untuk membayar cicilan rumah. Namun jangan khawatir, coba untuk memanfaatkan berbagai macam promo yang disediakan oleh beberapa developer. Biasanya promo ini akan diberikan pada awal perilisan perumahan yang baru jadi. Pantau terus perkembangan perumahan baru dan sering-seringlah untuk menonton TV. Biasanya info terkait hunian baru akan ditayangkan di saluran televisi daerah atau saluran televisi nasional. Biasanya promo yang diberikan oleh developer jumlahnya terbatas. Jika developer telah menjelaskan kawasan perumahan tersebut, dan tertarik untuk membelinya. Langsung saja telepon call center untuk bernegosiasi mengenai pembayarannya.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement