Sabtu 10 Dec 2016 06:06 WIB

Tempat Favorit Rayakan Tahun Baru di Yogyakarta

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ribuan wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Ahad (19/7). (Republika/Agung Supriyanto)
Ribuan wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Ahad (19/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam merayakan pergantian malam tahun baru mulai dari berkumpul bersama keluarga, hingga memilih melewatinya sendiri dalam suasana hening. Bagi mereka yang ingin melewati momen tutup tahun dengan lebih berkesan, pergi bersama teman atau kerabat ke lokasi-lokasi yang menawarkan pengalaman berbeda mungkin bisa menjadi pilihan seperti misalnya berkunjung ke Yogyakarta. Kota kediaman keluarga Sultan Hamengkubawana ini kerap dijadikan destinasi untuk menghabiskan liburan akhir tahun sekaligus merayakan malam pergantian tahun.

Berikut beberapa lokasi favorit di Yogyakarta untuk merayakan momen pergantian tahun:

Bukit Bintang

Perayaan tahun baru sangat identik dengan bunyi terompet dan gemerlapan kembang api. Bukit Bintang menjadi pilihan yang tepat untuk menyaksikan keindahan langit malam yang dihiasi dengan warna-warni kembang api. Lokasinya yang berada diketinggian membuat pandangan mata lebih luas menikmati cahaya lampu kota dan hamparan bintang di langit.

Pada hari-hari biasa, Bukit Bintang bisa ditempuh dalam waktu 60 menit dari pusat kota Yogyakarta. Lain halnya pada momen perayaan tahun baru, waktu tempuh ke Bukit Bintang bisa memakan waktu hingga dua jam perjalanan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parang Tritis menawarkan pengalaman yang berbeda dalam melewati malam pergantian tahun. Tak heran spot ini selalu ramai dikunjungi mulai dari petang hingga memasuki malam penutup tahun. Menunggu momen malam pergantian tahun, para wisawatan yang berkunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset terlebih dahulu. Para pengunjung bisa duduk santai di sepanjang tepi pantai menikmati deburan ombak. Ada banyak penjual makanan khas tahun baru seperti jagung bakar di epanjang pantai. Tak jauh dari lokasi pantai, pengunjung dapat beranjak ke lokasi yang lebih tinggi yaitu Parang Endog untuk menyaksikan warna-warni kembang api dari pantai.

Gunung Nglanggeran

Satu lagi spot wisata alam yang sangat direkomendasikan untuk merayakan momen malam pergantian tahun yaitu Gunung Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul. Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba biasanya mengadakan acara pesta kembang api di puncak. Gunung Nglanggeran. Para pengunjung juga bisa menginap di homestay atau villa yang berada di sekitar gunung api purba ini. Setelah selebrasi pergantian tahun, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Malioboro

Bagi yang lebih suka merayakan pergantian tahun dengan suasana perkotaan yang berbalut budaya, kawasan Malioboro tidak pernah luput dari perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Setiap malam pergantian tahun biasanya wisatawan banyak yang berkumpul di titik 0 kilometer kota Yogyakarta  yaitu tepatnya di sekitar malioboro hingga Alun-Alun Utara Jogja. Menjelang puncak malam pergantian tahun, biasanya diramaikan oleh berbagai festival atau acara-acara menarik seperti wayang kulit.

Untuk bisa menikmati malam tahun baru di Yogyakarta, sebaiknya Anda cari hotel murah di Jogja untuk tempat menginap. Hotel murah bisa Anda cari melalui Airy Rooms.

Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika memilih hotel yang tepat. Hotel-hotel di Airy Rooms sudah tentu murah, yang membuat Anda dapat menghemat bujet untuk penginapan. Fasilitas yang ditawarkan di hotel-hotel jaringan Airy Rooms juga sangat lengkap. Mulai dari tempat tidur bersih, AC, WiFi gratis, air  minum gratis, perlengkapan mandi, TV layar datar, hingga shower air hangat.

 

Untuk booking hotel murah di Jogja, Anda dapat melakukannya langsung melalui mobile apps yang bisa diunduh lewat Play Store dan App Store, Anda juga dapat memesan melalui situs www.airyrooms.com. Pembayarannya juga bisa menggunakan metode transfer atau kartu kredit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement