Jumat 02 Dec 2016 04:16 WIB

Dewi Lestari Berhasil Belajar Renang di Usia 40 Tahun

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Dewi Lestari
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Dewi Lestari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dan penulis Dewi Lestari sukses belajar renang setelah berusia 40 tahun. Padahal, selama bertahun-tahun perempuan yang biasa disapa dengan nama pena Dee itu sama sekali tidak bisa berenang.

"Paling malas ketemu kolam renang, kalau liburan saya sudah menerima status sebagai penjaga tas, enggak bisa lebih," ungkap Dee saat menjadi pembicara di acara bincang santai kampanye #UsiaCantik oleh L'Oreal Paris Skin Expert di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, awal 2016 entah mengapa pengarang novel Supernova itu  terkena 'hasutan' suami untuk belajar berenang. Alasan Reza Gunawan, sang suami, yaitu agar Dee juga bisa menikmati kesenangan berenang setiap liburan keluarga.

Perempuan kelahiran Bandung, 20 Januari 1976 itu akhirnya belajar keras dari nol. Alhasil, dengan menyingkirkan rasa takut, ia sudah menguasai gaya bebas dan kini terbiasa berenang di lintasan satu kilometer.

Dee yang menyebut dirinya sudah bisa 'berenang seperti pesut' itu punya rahasia untuk menyingkirkan rasa takut. Ia mengatakan, semakin dewasa seseorang, semakin besar kemampuan dalam manajemen risiko.

Artinya, penyanyi yang tergabung dalam trio vokal Rida Sita Dewi (RSD) itu semakin mengerti mana hal-hal yang berharga dikejar meski berisiko dan mana yang tidak. Ketika Dee sangat ingin mencapai dan mempelajari sesuatu, saat itulah halangan rasa takut menyingkir dengan sendirinya.

"Menariknya, untuk belajar hal baru tidak kenal usia, rasa penasaran untuk menguasai sesuatu tetap bisa dipelihara sampai usia berapa pun," tutur penulis buku Filosofi Kopi yang telah difilmkan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement