REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja online kini hal yang lumrah dilakukan di dalam negeri. Selain mudah memilih apa saja barang yang tersedia tanpa perlu repot menghadapi macet, konsumen juga dapat merasakan mudahnya pembayaran dengan beberapa pilihan, termasuk menggunakan kartu kredit.
Pilihan membayar dengan kartu kredit cukup menguntungkan dibandingkan proses pembayaran lainnya. Salah satu keuntungannya dengan mendapatkan diskon lebih besar di merchant yang mendukung pembayaran melalui kartu kredit mitra. Seperti yang ditawarkan McDonald's Indonesia yang bekerja sama dengan Mastercard Indonesia, meluncurkan program 'Cashless Experience of Online McDelivery with Mastercard'.
"Setiap pelanggan McDelivery yang melakukan online order dan melakukan transaksi dengan kartu kredit Mastercard Indonesia akan mendapat potongan harga sebesar Rp 25 ribu dengan minimum pembelian sebesar Rp 100 ribu (sudah termasuk pajak dak biaya antar)," ujar Chief Finance McDonald's Indonesia, Yanti Lawidjaja saat acara 'Press Conference Cashless Experience Online McDelivery with Mastercard' di Restoran McDonalds Sarinah, Jakarta, Kamis (1/12).
Yanti menjelaskan, program ini telah berlaku mulai 21 November hingga 31 Agustus 2018. Pemesanan online tersebut dapat dilakukan melalui website resmi pemesanan McDelivery di www.mcdelivery.co.id maupun aplikasi McDelivery Indonesia dari ponsel para pelanggan. "Potongan harga yang berlaku melalui pemesanan online, setiap hari dan setiap waktu. Dengan gunakan kartu kredit berlogo Mastercard Indonesia melalui bank manapun," jelasnya.
Aksi korporasi yang telah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut ini bertujuan untuk semakin membiasakan masyarakat melakukan transaksi nontunai dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. "Program ini juga sebagai dukungan dalam memberikan solusi pembayaran elektronik yang lebih cepat, aman dan nyaman," kata Yanti.
Sementara Division Presiden Indonesia, Malaysia and Brunei Mastercard, Safdar Khan melihat layanan pesan antar makanan telah menjadi bagian penting dalam keseharian masyarakat, terutama di tengah padatnya jadwal serta kemacetan yang mungkin menghadang. "Dengan luasnya jaringan McDonalds yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, kemitraan ini juga memungkinkan kami menjangkau masyarakat untuk terus memberi edukasi mengenai keuntungan yang dapat diperoleh dari pembayaran elektronik dalam aktivitas pembayaran sehari-hari," ungkap Safdar.
Berdasarkan Mastercard Online Shopping Behavior Study 2016, di Indonesia sebanyak 21,5 persen responden pada tahun 2015 telah menggunakan layanan pesan antar makanan secara online, mengalami kenaikan sekitar 4,7 persen dari tahun sebelumnya sebesar 16,8 persen.
Dari penelitian tersebut, para responden juga mengatakan bahwa ada tiga faktor utama yang mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara online, yakni nilai yanh mereka dapatkan dari membeli sebuah barang atau produk (94,1 persen), metode pembayaran yang nyaman (93,9 persen) dan kecepatan transaksi (93,3 persen).