Kamis 24 Nov 2016 10:02 WIB

Tren Mainan 2017 akan Mengarah ke Digital

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Mainan Anak
Foto: parentsavvy.com
Mainan Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI), Widjarnako Tjokroadisumarto menjelaskan tren mainan tahun 2017 akan mengarah ke digital. Misalnya jangan heran apabila suatu ketika boneka teddy bear bisa melayang seperti drone.

"Ke depan mengenai elektronik dan digital saya kira waktunya akan tiba, bahwa kebanyakan mainan akan memiliki unsur-unsur yang dikendalikan digital dan elektronik untuk bisa interaktif," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (23/11). Atau misalnya juga mainan sepeda, bisa menggunakan elektronik listrik untuk memastikan serta memperingatkan adanya bahaya. Industri mainan anak akan selalau berupaya mengikuti jaman elektronik digital teknologi.

Menurutnya, arah tren ini berdampak positif maupun negatif. Untuk anak-anak usia pra sekolah dan taman kanak-kanak sebaiknya jangan diganggu dengan terlalu banyak alat yang membawa mereka berfikir lebih jauh. "Mengapa? Karena bermain adalah dimana mereka menikmati waktu tanpa adanya tekanan dari pihak manapun," tambah dia. Jika demikian dilakukan, maka anak ini akan membalas dendam pada usia remaja, menengah dan usia lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement