Selasa 22 Nov 2016 12:47 WIB

21 Kegiatan Warnai Pariwisata Manado di Sepanjang 2017

Dua turis sedang menampilkan kebolehannya sambil berolahraga mengemudikan Jetsky sekaligus menikmati panorama objek wisata Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara, Minggu (10/2).
Foto: Antara
Dua turis sedang menampilkan kebolehannya sambil berolahraga mengemudikan Jetsky sekaligus menikmati panorama objek wisata Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara, Minggu (10/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki atraksi lengkap, Kota Manado terus berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan meluncurkan Kalender Wisata Pesona Manado 2017.

Sebanyak 21 kegiatan akan dilangsungkan selama satu tahun. Diantaranya Bendi Weekend On Boulevard di sepanjang jalan Boulevard Manado (setiap akhir pekan), Pentas Hiburan Rakyat di Taman Kesatuan Bangsa (setiap akhir pekan), Figura Manado di Kawasan Megamas (29 Januari), Olahraga tradisional perairan Tulude di Teluk Manado (30 Januari) dan Festival Cap Go Meh di Kawasan Pecinan Kota Manado (12 Februari).

Selain itu juga gelar Tarian Selendang Biru;  Manado Easter Show; Manado Cantate; International Choir Festival; Manado Extreme Adventures Tourism, International Trail Running, Hasher International di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado pada 18 hingga 22 Oktober 2017), Miss Scuba International di MCC pada 25 November 2017 dan Pisah Taong di Megamas Manado pada 31 Desember.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan calendar of events pariwisata Kota Manado 2017 merupakan agenda atraksi unggulan destinasi pariwisata Manado guna meningkatkan pengalaman, lama tinggal, belanjam, serta mendorong kunjungan ulang para wisatawan.

“Untuk ini target kunjungan wisatawan Kota Manado terus kita tingkatkan. Tahun ini kita mentargetkan 46.464 wisman dan 1,27 juta wisnus, sedangkan tahun 2017 target kita naikan menjadi 51.110 wisman dan 1,37 juta wisnus,” kata Olly Dondokambey dalam peluncuran Calender of Events Pariwisata Kota Manado 2017, Senin (21/11) malam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik peluncuran Calender of Event Pariwisata Kota Manado 2017 yang akan mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manado. Selama ini pemerintah dikatakanya telah gencar mempromosikan Manado, terutama Bunaken sebagai destinasi marine tourism kelas dunia.

“Bunaken sebagai destinasi marine tourism kelas dunia memiliki nilai jual tinggi. Kita gencar mempromosikan di antaranya ke Tiongkok sebagai pasar utama," kata Arief Yahya.

Ditargetkan pada tahun 2017 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Manado, Sulut sebanyak 51.110 dan wisatawan nusantara sebesar 1,27 juta.

"Sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mencapai target 2017 sebanyak 15 juta wisman dan 265 juta wisnus," ujar Menpar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement