Senin 21 Nov 2016 07:14 WIB

Jalan-Jalan di Pontianak, Sayang Sekali Jika Melewatkan 3 Kuliner Ini

Pengkang Cocol Sambal Kerang.
Foto: wisatapontianak.com
Pengkang Cocol Sambal Kerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menikmati wisata alam Pontianak yang memukau, jangan lewatkan juga untuk mencicipi kulinernya ketika berada di sana. Kuliner apa saja yang kamu ketahui dari "Kota Khatulistiwa" ini? Pasti banyak, kan? Makanan di Pontianak memang terkenal lezat dan memiliki cita rasa khas dan kaya rasa. Nah, berikut kuliner di Pontianak yang wajib kamu coba ketika berada di sana:

Pengkang Cocol Sambal Kerang

Selagi di Pontianak, jangan lewatkan makanan-makanan khasnya lainnya. Selain bubur pedas, makanan satu ini juga perlu masuk dalam daftar, yaitu pengkang. Pengkang terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diisi ebi. Pengkang dibungkus dengan daun pisang membentuk kerucut dan diikat dengan bambu. Cara masaknya adalah dengan dikukus kemudian dibakar. Teknik ini membuat rasa pengkang semakin enak. Uniknya, pengkang disajikan bersama sambal kapah atau sambal kerang. Rasa ketan yang lembut dipadu dengan sambal kerang akan membuatmu makan dengan lahap.

Bubur Pedas

Kamu akan menyesal jika berkunjung ke Pontianak dengan melewatkan makan paling terkenal satu ini, yaitu bubur pedas. Pasalnya, belum tentu kamu akan menemukan hidangan ini di kota lain dengan rasa lezat seperti di tempat asalnya. Bubur pedas terbuat dari pucuk daun pakis, kangkung, daun kesum, kacang goreng, teri, daun lengkuas, dan banyak rempah yang membuat rasanya begitu gurih. Salah satu tempat rekomendasi yang menjual bubur pedas adalah Bubur Pedas Pak Ngah yang terletak di Jl. Kom. Yos Sudarso, Gang Jagung, No. 1, Pontianak.

 

 

Burung Punai

Di mana lagi kamu akan menemukan burung punai yang tersaji dalam piring selain di Pontianak? Burung punai mirip dengan burung merpati. Burung punai memiliki warna hijau dan berparuh kemerahan. Burung punai biasa ditemukan di sekitar Kota Pontianak. Cara pengolahan burung punai ini biasanya digoreng atau dibakar bersama bumbu-bumbu rempah pilihan. Daging burung punai memiliki tekstur lembut dan rasanya sangat gurih.

Sebagai kota wisata, banyak sekali penginapan atau hotel yang bisa kamu tinggali. Jika kamu berencana mencari hotel yang murah di Kota Pontianak dengan fasilitas lengkap, kamu perlu memercayakannya pada Airy Rooms. Kamu tidak perlu pusing mencari akomodasi yang ada di Pontianak. Cukup dengan aplikasi Airy Rooms, kamu akan mendapatkan hotel yang kamu inginkan.

Kenapa harus Airy Rooms? Airy Rooms memiliki jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak dibandingkan jaringan hotel lainnya. Airy Rooms menjalin kerja sama yang baik dengan para partner hotel sehingga memiliki harga murah dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas di Airy Rooms lengkap dan oke, meliputi 7 jaminan fasilitas di setiap kamar, termasuk: AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih dan nyaman, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi yang bisa kamu nikmati sepuasnya. Booking hotel murah gampang, bisa melalui situs www.airyrooms.com maupun aplikasi Android dan aplikasi Apple. Pembayaran bisa dilakukan secara transfer dan kartu kredit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement