Senin 14 Nov 2016 10:57 WIB

3 Alasan Deposito Tambah Kekayaan Anda dengan Mudah

Petugas melayani nasabah di salah satu kantor Jasindo Takaful, Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Petugas melayani nasabah di salah satu kantor Jasindo Takaful, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak dari dulu kegiatan menabung dijadikan sesuatu yang berdampak positif terutama bagi keadaan keuangan. dengan Menabung, kita belajar berhemat dan menghargai hasil kerja keras saat mendapatkan uang.

Menabung juga sering berkaitan dengan solusi investasi yang terbaik dan aman hingga saat ini. Tidak sedikit orang yang berhasil mewujudkan mimpinya karena rajin menabung. Mungkin Anda pernah mendengar kisah Tukang Bubur Naik Haji, atau kisah pedagang gorengan yang juga berhasil pergi umroh karena dia rajin menabung.

Salah satu cara menabung yang juga populer dan bisa membantu mewujudkan mimpi adalah menabung deposito. Selain uang terjamin dengan penuh oleh pihak bank yang menawarkan produk deposito tersebut, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari bunga deposito yang tiap tahunnya mengalami kenaikan. Itulah sebabnya sebagian orang masih mempercayakan deposito sebagai jaminan masa depan mereka, dengan harapan mereka bisa menjadi kaya dengan mudah dan  bisa mewujudkan mimpi mereka.

Apa alasan deposito bisa membuat kita kaya dengan mudah, simak uraiannya berikut ini:

Tingkat Risiko

Bila membandingkan deposito dengan jenis investasi lainnya, seperti saham dan valuta asing, maka deposito adalah produk investasi yang paling berisiko rendah. Suku bunga dari deposito tidak fluktuatif dalam jangka waktu yang panjang. Deposito juga mudah untuk dijumpai, karena hampir semua bank besar di Indonesia menawarkan produk investasi ini dengan berbagai penawaran menarik.

Bunga yang Semakin Berbunga

Alasan deposito bisa menguntungkan lainnya adalah Anda akan mendapatkan bunga yang sistemnya akan masuk kembali ke dalam perhitungan bunga berjalan di bulan berikutnya. Dan ini tentunya akan memberikan keuntungan. Sebagai contoh menabung  Rp 1 Juta untuk tenor 12 bulan dan memiliki bunga 5 persen setahun (dengan asumsi Rp 50 ribu/tahun).  Kemudian di akhir tahun pertama, total deposito akan menjadi Rp 1,050 juta, lalu untuk tahun kedua, bunga sebesar 5 persen akan dihitung dari nominal Rp 1,050 juta tadi. Selain itu, deposito juga bebas biaya administrasi.

Insentif dari Bank

Deposito memang memberikan banyak keuntungan kepada para nasabahnya. Selain bunga yang cenderung tidak fluktuatif, perhitungan bunga yang juga menguntungkan, ternyata pihak bank yang menawarkan deposito juga akan memberikan insentif  karena kita telah menyimpan uang kita dalam bentuk deposito.

Deposito untuk Keadaan Keuangan yang Lebih Baik di Masa Depan

Dengan mendepositokan uang kita, maka kita bisa mendapatkan banyak keuntungan, di samping kita belajar menabung dan berinvestasi, uang yang kita depositokan tersebut akan aman karena adanya penjamin resmi seperti Lembaga Penjamin Simpanan. Deposito membuat keadaan keuangan kita lebih baik, dan membantu kita lebih cepat mewujudkan hal yang diinginkan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement