Rabu 09 Nov 2016 14:49 WIB

Disbudpar Sleman Luncurkan Paket Wisata Setengah Hari Minapadi

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Winda Destiana Putri
Lokasi pertanian minapadi di Sleman. Ilustrasi
Foto: Twitter
Lokasi pertanian minapadi di Sleman. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman akhirnya meluncurkan paket wisata setengah hari minapadi di Desa Margoluwih, Kecamatan Seyegan, Rabu (9/11). Paket wisata tersebut terdiri dari rangkaian kunjungan ke minapadi di Cibuk Kidul dan tempat olahan ikan Cita Rasa di Klaci.

"Kami ingin mengenalkan paket wisata setengah hari di Godean. Nanti rangkaiannya mulai dari Desa Wisata Grogol di Margodadi, lalu ke minapadi di Cibuk dan ke olahan ikan Cita Rasa di Margoluwih," kata Kepala Disbudpar Sleman, AA Ayu Laksmidewi. Di sana pengunjung bisa menikmati agrowisata sambil bersepeda.

Ayu mengemukakan, peluncuran paket wisata ini ditujukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Sleman bagian barat. Pasalnya selama ini kunjungan wisatawan di wilayah tersebut masih sedikit. Bahkan jauh lebih rendah daripada Sleman bagian tengah dan timur.

Kawasan pertanian Margoluwih sendiri sudah lama dicanangkan sebagai pilot project minapadi nasional. Metode penanaman padi yang digabungkan dengan kolam ikan ini memiliki potensi untuk dijadikan sebagai objek wisata. Namun tidak akan menarik jika hanya berdiri sendiri.

Maka itu Disbudpar sengaja mengikutsertakannya ke dalam paket wisata setengah hari dengan destinasi lainnya yang ada di Kecamatan Seyegan. Ayu mengatakan, untuk menyukseskan program paket wisata ini, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DPPK).

"Karena yang memiliki wewenang pengelolaan pesawahan dan perikanankan DPPK. Kami juga sudah bekerja sama dengan PDAM dan BPD untuk membuat papan informasi di lokasi wisata," kata Ayu. Ia menegaskan pelibatan instansi lintas sektoral sangat diperlukan. Pasalnya sektor wisata tidak bisa berdiri sendiri.

Sementara itu Bupati Sleman, Sri Purnomo berharap peluncuran paket wisata ini dapat berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Ia juga membenarkan bahwa objek-objek wisata di suatu kawasan perlu diintegrasikan agar daya tariknya lebih kuat.  "Iya benar, minapadi di Cibuk itu menarik. Tapi tidak cukup itu saja. Orang-orang kalau sudah wisata pasti yang dicari beli oleh-oleh," kata Sri. Maka itu, menurut Sri, penyertaan tempat pengolahan ikan Cita Rasa dalam paket wisata merupakan strategi yang tepat untuk menarik para wisatawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement