Rabu 26 Oct 2016 13:48 WIB

Menjelajah Pulau-Pulau Eksotik di Belitung

Rep: Gita Amanda/ Red: Dwi Murdaningsih
Anak-anak dari desa Lingga, Gantong, Belitung Timur, menari tarian Mendulang Timah dalam Festival Laskar pelangi di Museum Kata Andrea Hirata di Getong, Belintung Timur, Bangka Belitung.
Foto: Antara
Anak-anak dari desa Lingga, Gantong, Belitung Timur, menari tarian Mendulang Timah dalam Festival Laskar pelangi di Museum Kata Andrea Hirata di Getong, Belintung Timur, Bangka Belitung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia sangat terkenal dengan keindangan pulau-pulaunya. Salah satu tempat yang sangat tersohor akan keelokan pulau-pulaunya adalah Belitung.

Nama pulau ini kian menggema setelah film Laskar Pelangi garapan Riri Riza mengambil lokasi di sejumlah pantai dan pulau di Belitung. Sejak saat itu berbondong-bondong wisatawan datang berkunjung ke pulau 'Andrea Hirata' ini.

Ada banyak pulau di Belitung, namun ada beberapa spot wisata pulau yang paling sering dikunjungi para pelancong. Pulau-pulau ini menyuguhkan pemandangan yang tentunya memanjakan mata. Jangan pernah lupa membawa kamera saat berkunjung ke pulau-pulau kecil di Belitung ini. Untuk lebih jelasnya, simak pulau-pulau dengan pantai cantik di Belitung yang bisa Anda kunjungi:

Pantai Tanjung Kelayang

Biasanya setiap wisatawan yang datang ke Belitung dan ingin melakukan wisata pulau akan menjadikan pantai ini sebagai titik start mereka memulai penjelajahan. Pantai Tanjung Kelayang berada sekitar 30 menit dari pusat kota Tanjung Pandan. Di pantai ini pengunjung juga akan menemui landmark kota berupa tulisan besar, 'Welcome to Belitong', yang sayang jika tak diabadikan.

Pulau Lengkuas

Pulau ini juga merupakan spot ikonik lain dari Belitung. Di sini terdapat mercusuar Belitung yang sangat terkenal. Dibangun pada tahun 1882, mercusuar setinggi 18 lantai ini masih terawat dengan baik.

Pengunjung dapat menjajal adrenaline dengan menaiki 18 lantai mercusuar ini. Namun untuk menaikinya pengunjung diminta membersihkan diri serta dilarang menggunakan alas kaki saat di dalam mercusuar. Bukan karena alasan klenik atau semacamnya, namun demi menjaga kebersihan mercusuar.

Dari lantai paling atas mercusuar, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Pulau Lengkuas dan pulau-pulau sekitarnya. Awalnya mercusuar ini dibangun belanda untuk memandu kapal-kapal yang berlayar melintasi perairan Belitung. Jadi dapat dibayangkan bagaimana repotnya memandu perjalanan dari tempat setinggi itu dengan peralatan yang minim.

Namun lelahnya menaiki ratsan anak tangga mercusuar akan terbayar lunas saat berada di puncak. Hamparan lautan biru kehijauan serta jajaran perahu yang "parkir" di pinggir pantai menyuguhkan pemandangan indah.

Lelah menaiki tangga, di pantai Pulau Lengkuas pengunjung bisa bersantai di pasir putihnya sambil menikmati es kelapa atau jajanan. Sebab memang terdapat beberapa kios yang menjajakan panganan pengganjal perut di sana.

Untuk yang hobi fotografi atau foto selfie, terdapat banyak spot menarik untuk diabadikan di sekeliling Pulau Lengkuas. Bagi mereka yang tak sempat mampir ke Pulau Batu Berlayar, di pulau ini juga terdapat tumpukan batu granit besar yang bisa dikunjungi tentunya untuk menambah koleksi swafoto Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement