Selasa 25 Oct 2016 18:22 WIB

Tere Liye Persembahkan Novel Tentang Kamu

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tere Liye meluncurkan novel terbarunya Tentang Kamu.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Tere Liye meluncurkan novel terbarunya Tentang Kamu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis best seller Tere Liye mempersembahkan novel terbarunya Tentang Kamu. Novel ke-15 bersama  PT. Pustaka Abdi Bangsa atau Republika Penerbit ini mencatat sejarah karena dirilis hingga 40 ribu eksemplar untuk cetakan pertamanya.

Novel Tentang Kamu menurut Tere merupakan novel ke 26 dari keseluruhan karyanya. Ini merupakan karya ketiga Tere pada tahun 2016. Penulis bernama asli Darwis ini mengatakan, Tentang Kamu merupakan novel populer dengan isi sederhana. Saat membaca novel ini setiap orang bisa memposisikan dirinya sebagai "kamu".

Banyak tema di bahas dalam buku ini sehingga dekat dengan pembaca. Tere mengatakan bagi mereka yang jatuh cinta bisa memposisikan dirinya sebagai tokoh utama yang jatuh cinta. Mereka yang hidupnya penuh ujian, kata Tere, bisa menempatkan diri juga sebagai tokoh.

Besarnya ruang lingkup novel ini membuat pembaca dapat memposisikan dirinya dalam kisah dan konflik di sini. "Genre novel ini bisa roman, aksi, intrik atau bahkan dunia hukum," ujar penulis buku Rindu ini.

Novel setebal 524 halaman ini dibuat Tere dengan beberapa eksperimen. Pertama ia memasukkan puluhan kutipan (quote) yang selama ini tak asing di telinga. Tujuannya agar nasihat-nasihat lama yang indah tersebut menurut Tere dapat terus abadi.

Kedua, untuk pertama kalinya Tere menggunakan dialek setempat di novelnya. Selama ini Tere mengaku tak pernah mau pusing dengan dialek setempat. "Di novel ini saya coba menggunakan dialek setempat terutama di setting tahun 1970-an, dan ternyata itu tak mudah," kata Tere.

Ketiga, Tere pertama kalinya menggunakan setting lokasi di luar negeri yakni London dan Paris. Ini menurutnya bukan untuk "gaya-gayaan", tapi untuk kebutuhan cerita.

Terakhir Tere menerbitkannya dalam dua versi bahasa yakni Indonesia dan Inggris. Namun untuk edisi cetak hanya tersedia dalam bahasa Indonesia, sementara versi Inggrisnya dapat dinikmati melalui layanan digital Scoop.

Tere juga mengatakan, para pembacanya terlibat sangat jauh dalam setiap penulisan novelnya. Tere mengaku kerap melakukan survei di akun Facebooknya untuk meminta pendapat para penggemarnya sebelum menulis. Mulai dari tokoh utama hingga cover bukunya.

"Saya hendak mengucapkan terima kasih kepada jutaan pembaca Tere Liye. Kalian adalah pembaca-pembaca yang brilian," ujarnya.

Direktur Utama PT. Pustaka Abdi Bangsa atau Republika Penerbit Arys Hilman Nugraha mengatakan, bahwa Tere Liye merupakan penulis dengan level novel best seller. Menurut Arys karya-karya Tere selalu diminati.

Dalam catatan Republika Penerbit, seluruh karya Tere Liye telah terjual kurang lebih satu juta eksemplar sejak 2005. Belum lagi menurutnya karya-karya Tere di penerbit lainnya.

Arys mengatakan, Republika Penerbit sangat senang bekerja sama dengan penulis seperti Tere Liye. Tere juga menurutnya merupakan sosok penulis yang unik karena tak terlalu senang tampil di hadapan media. "Hubungan yang baik selama ini akan terus kami jaga agar ke depan bisa semakin lebih baik lagi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement