Selasa 25 Oct 2016 14:09 WIB

Menjelajahi Cantiknya Pantai di Lombok

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Kawasan Ampenan, Lombok.
Foto: lompok.panduanwisataid.com
Kawasan Ampenan, Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lombok sudah dapat berdiri sendiri tanpa harus dikait-kaitkan oleh Bali. Bahkan wilayah yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki pesona pantai yang tidak kalah menarik. Pantai merupakan salah satu obyek wisata yang cukup menjanjikan dan potensial untuk dikembangkan di Pulau Lombok.

Wilayah Timur Lombok menjadi tempat yang menawarkan keindahan pantai yang bisa sangat dikembangkan. Dua  kawasan di wilayah Lombok Timur yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata, yaitu kawasan Kaliantan dan kawasan Tanjung Ringgit. Dua kawasan tersebut menyuguhkan pantai-pantai seperti Pantai Kaliantan, Teluk Ekas, hingga pantai Tangsi.

Pantai Kaliantan

Untuk bisa menikmati pesona pantai ini perlu menempuh perjalanan dari kota Mataram ke arah Timur menuju Kabupaten Lombok Timur dengan waktu tempuh 2,5 jam. Meski memakan waktu, pantai ini menyuguhkan bibir pantai yang panjang dengan pasir putih yang bersih. Jika berminat datang, sebaiknya dilakukan pada Februari sampai Maret untuk melihat upacara Bau Nyale atau  pesta rakyat untuk menangkap hewan laut berupa/sejenis cacing laut. Tradisi ini menjadi bagian acara tahunan yang menyedot perhatian banyak wisatawan, termasuk penduduk lokal.

Teluk Ekas

(sumber foto: youtube.com)

Teluk Ekas ini masih dalam saktu kawasan Kaliatan, dimulai dari ujung selatan di pantai Surga hingga ke desa Batu Nampar Selatan berbatasan dengan pelabuhan Awang Lombok Tengah. Pantai ini seperti kawasan yang berupa teluk sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dalam satu waktu dihamparan pasir putih yang embut. Di samping pemandangan, kawasan ini pun menjadi hunian para nelayan, sehingga Teluk Ekas juga potensial untuk pengembangan perikanan laut. Sehingga dikonsentrasikan untuk budidaya berbagai komoditi kelautan seperti lobster dan kerapu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement