Sabtu 22 Oct 2016 15:24 WIB

Melihat Bule Peserta Sail Karimata 2016 Menari Adat Bangka

Tari Abusama khas Bangka
Foto: Muhammad Hafil/Republika
Tari Abusama khas Bangka

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA TENGAH – Puluhan orang peserta Sail Karimata 2016 mengunjungi Pulau Ketawai di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (20/10) hingga Senin (24/10).  Pada malam kedua berada di pulau, (21/10), mereka disuguhi atraksi adat berupa tari-tarian khas Bangka. Di antaranya tari Sekapur Sirih dan Abusama.

Tak hanya menonton, para peserta itu ikut menari tarian khas Bangka tersebut yakni tari Abusama. Awalnya salah seorang peserta diajak menari oleh salah seorang penari. Setelah itu, kelompok tari yang terdiri dari beberapa orang remaja putra dan putri juga mengajak peserta lainnya untuk ikut menari.

Hingga akhirnya, seluruh peserta Sail Karimata yang berasal dari berbagai negara di dunia ikut menari. Ini karena tempo musik tradisional khas Bangka yang dimainkan semakin cepat.

Claudia Schick (43 tahun), peserta asal Jerman, mengatakan tari-tarian khas Bangka yang dia lihat sangat berbeda dari tarian Indonesia lainnya yang pernah dia lihat. Di mana, para gadis remaja yang menari terlihat sangat anggun tetapi penari remaja prianya sangat energik. “Saya sangat menikmati tarian ini,” kata Claudia.

Sedangkan Matteo (31), peserta asal Italia, dia sama sekali tidak menyangka bahwa para penari adat Bangka itu mengajaknya menari. “Mereka mengajak kami untuk bergembira malam ini dengan cara adat Bangka,” kata Matteo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement