Jumat 21 Oct 2016 17:21 WIB

Wisatawan Bahagia akan Belanjakan Uangnya Lebih Banyak

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Survei menyebut Las Vegas sebagai tujuan wisata yang memberi pengalaman bahagia bagi pengunjungnya.
Foto: Pixabay
Survei menyebut Las Vegas sebagai tujuan wisata yang memberi pengalaman bahagia bagi pengunjungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pengalaman dan kesan turis terhadap suatu destinasi berhubungan dengan kemungkinan ia mengosongkan isi dompetnya. Hal itu merupakan kesimpulan dari laporan lembaga analis pasar JD Power yang mengaitkan pengalaman berwisata dengan belanja turis seperti dikutip dari Malay Mail Online.

Lalu, dimanakah tempat turis bisa merasakan kebahagiaan dan tidak peduli lagi dengan uangnya? Mungkin sudah tidak mengejutkan lagi. Tempat itu adalah Las Vegas, Amerika Serikat.

Dalam kajian kepuasan destinasi pada 2016, peneliti melihat beberapa faktor seperti aktivitas, biaya, makanan dan minuman, infrastruktur, penginapan, dan kedatangan di 50 lokasi wisata unggul Amerika Serikat.

Tingkat kepuasan tersebut lantas dihubungkan dengan belanja para turis.

Kota judi itu mendapatkan skor tertinggi yakni 827. Peneliti menemukan, rata-rata pengunjung Las Vegas menghabiskan 1.169 dolar AS (Rp 15,2 juta) dalam sekali perjalanan atau 301 dolar AS (Rp 3,9 juta) per hari.

Namun, jika pengunjung terpikat dengan lokasi tujuannya ia bisa menghabiskan uang 24 persen lebih besar. Hal itu pun berlaku sebaliknya. Jika pengunjung merasa kecewa, pengeluarannya pun akan lebih sedikit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement