Senin 17 Oct 2016 04:54 WIB

Cara Ini Bisa Menghemat Perawatan Mobil Anda

Mekanik melakukan perawatan berkala mobil di Bengkel Honda Megatama, Jakarta, Senin (14/7). (Republika/ Wihdan)
Foto:
Mekanik melakukan perawatan berkala mobil di Bengkel Honda Megatama, Jakarta, Senin (14/7). (Republika/ Wihdan)

Rutin Melakukan Servis

Usahakan untuk memiliki waktu dengan melakukan servis kendaraan. Dengan servis, kita dapat mengetahui kerusakan apa saja yang mungkin terjadi. Servis rutin yang biasanya dilakukan adalah pengecekan komponen penting seperti rem, busi, pendingin mesin, AC, power steering dan lain sebagainya. Jangan pernah menunda untuk melakukan servis rutin mobil.

 

Jangan Lupa Ganti Oli

Tidak hanya komponen penting dalam mobil kita yang harus dicek secara rutin, kendaraan juga memerlukan oli untuk kinerja yang lebih baik. Oli adalah pelumas mesin yang juga berperan dalam perawatan. Oli juga berfungsi sebagai pendingin, pelindung suku cadang dari karat dan menutup celah terdapat pada dinding mesin. Lakukan penggantian oli setidaknya setiap menempuh 5.000 atau 10.000 kilometer. Gunakan jenis oli terbaik yang cocok dengan kendaraan.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Untuk Anda yang memiliki aktivitas cukup padat di setiap harinya dan sering menggunakan kendaraan mobil, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin, setidaknya 2 kali satu bulan. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan setidaknya lebih minimal, dibandingkan setelah mobil mengalami kerusakan yang fatal karena tidak pernah dirawat sama sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement