Kamis 13 Oct 2016 08:09 WIB

Ini Dia Lima Kebaikan Sarapan Bubur

Ini Dia Lima Kebaikan Sarapan Bubur

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Bubur ayam, salah satu jenis bubur yang baik untuk sarapan
Foto: thetraveljunkie.org
Bubur ayam, salah satu jenis bubur yang baik untuk sarapan

REPUBLIKA.CO.ID, Nyabu alias nyarap bubur adalah pilihan tepat untuk memulai hari. Ada beberapa alasan mengapa sarapan dengan bubur pantas menjadi pertimbangan dibanding dengan sarapan dengan berbagai menu lainnya. Berikut ini alasannya, seperti dijelaskan oleh ahli gizi Cassandra Barns dilansir Standard.

Pelepasan energi lebih lambat

Tak seperti sarapan sereal yang manis, bubur akan dicerna dan diserap lebih lambat. Hal ini membantu menjaga energi stabil sampai waktu makan siang.

Bervariasi

Anda bisa berkreasi sesuka hati dengan bubur agar sarapan selalu bervariasi. Jika bosan dengan bubur ayam, cobalah membuat bubur gandum dengan pilihan taburan cokelat, blueberry, raspberry, atau kayu manis.

Sumber magnesium

Bubur dari oat atau dengan tambahan sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah sumber magnesium yang sangat baik. Apalagi, tubuh perlu magnesium untuk mengubah makanan menjadi energi, merelakskan otot, dan menjaga tulang tetap kuat.

Baik dikonsumsi setelah olahraga

Apabila Anda termasuk orang yang terbiasa jogging atau bersepeda di pagi hari, sarapan bubur adalah pilihan tepat. Makan bubur sumber karbo setelah berolahraga sangat efektif untuk mengembalikan energi Anda dan glikogen di otot.

Baik untuk pencernaan

Punya masalah pencernaan? Pilih sarapan bubur gandum bebas gluten atau oat dan biji-bijian yang tinggi serat agar kesehatan sistem pencernaan selalu terjaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement