Selasa 11 Oct 2016 10:21 WIB

Berutang Sah Saja? Ini Mengapa...

Meminjam uang
Foto: ist
Dalam mengelola keuangan kadang kebutuhan untuk meminjam pada KTA tak terelakkan.

Memenuhi kebutuhan darurat

Kita tidak bisa memprediksi kejadian yang akan terjadi di masa depan apalagi seperti jika ada musibah yang datang tiba-tiba sehingga Anda harus memiliki dana segar untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi.  Maka dari itu banyak sekali lembaga dan Bank yang menyediakan jasa asuransi. Asuransi ini sifatnya adalah salah satu bentuk perencanaan untuk keadaan darurat sehingga dapat digunakan sewaktu dibutuhkan. Asuransi memiliki banyak jenis seperti asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, kecelakaan dan lainnya.

Dana pendidikan

Salah satu bentuk kebutuhan pokok adalah pendidikan. Dengan adanya peningkatan biaya hidup karena laju inflasi maka Anda tidak bisa hanya mengandalkan tabungan konvensional .Karena itu mempersiapkan tabungan dan asuransi pendidikan dinilai lebih efektif daripada tabungan konvensional. Tapi bagaimana jika asuransi Anda tidak cukup atau bisa saja Anda tidak memiliki asuransi? Alternatif yang dapat Anda pilih adalah mencari pinjaman. Pinjaman tersebut bisa Anda ajukan dalam  bentuk KTA bila Anda memiliki kartu kredit.

Ambil KTA Secara Bijak

Alasan-alasan di atas mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum mengajukan pinjaman atau berutang. Yang perlu diingat adalah jangan sampai berutang karena didasarkan pada kebutuhan yang tidak penting dan memberatkan tagihan Anda setiap bulan. Sebelum melakukan permohonan peminjaman uang, Anda harus menghitung bunga dan biaya yang lainnya apakah sudah seimbang dengan pendapatan Anda, pertimbangkan risiko yang akan Anda dapatkan dan bersikaplah bijak dalam segala hal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement