Senin 10 Oct 2016 08:01 WIB

Pentingnya Kebersihan Miss V Saat Datang Bulan

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Wanita harus selalu menjaga kebersihan organ intimnya, terutama saat datang bulan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wanita harus selalu menjaga kebersihan organ intimnya, terutama saat datang bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan penting dilakukan untuk mencegah infeksi penyakit. Khususnya di saat periode datang bulan atau menstruasi, organ intim wanita harus terus dipastikan kebersihannya.

Dokter spesialis obstertic dan ginekologi, dr. Liva Wijaya, SpOG, mengatakan tingkat keasaman pH pada vagina umumnya meningkat saat menstruasi. Tingginya keasaman pH ini bisa membuat bertambahnya jumlah bakteri buruk pada daerah kewanitaan. Untuk itu menjaga kebersihan daerah kewanitaan penting dilakukan saat sedang menstruasi.

"Berdasarkan penelitian, pH mengalami sedikit peningkatan kala menstruasi, untuk itulah pentingnya menjaga kebersihan vagina. Salah satunya dengan rutin menggani pembalut minimal tiga hingga empat jam sekali," kata dr. Liva saat berbicara di acara Media Workshop Betadine bertajuk " It's Better to be Protected in Your Red Days", di Jakarta.

Tak hanya rutin mengganti pembalut, saat menggantipun dr. Liva mengatakan kebersihan tangan harus dipastikan. Sehingga sebelum membasuh dan mengganti pembalut wanita harus mencuci tangan terlebih dahulu.

"Kalau pembalut jatuh juga harus segera diganti, karena kita nggak tahu bakteri yang menempel dan bisa menginfeksi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement