Selasa 04 Oct 2016 09:17 WIB

Rahasia Kelezatan di Balik Cangkang Udang

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Udang
Foto: flickr
Udang

REPUBLIKA.CO.ID, Tampilan sebuah hidangan saat ini menjadi bagian yang sangat penting. Makanan yang cantik dapat menggugah selera makan seseorang.

Itu sebabnya saat mengolah udang, banyak orang lebih memilih mengupas cangkangnya agar terlihat lebih indah. Tapi siapa sangka, kulit udang ternyata memiliki kelezatan tersendiri dan dapat memperkaya rasa sebuah masakan.

Seperti dilansir Fox News, banyak yang mengira kulit udang tak dapat dikonsumsi karena teksurnya yang sedikit keras. Namun cangkang udang bisa dijadikan camilan lezat. Caranya dengan menggoreng hingga garing. Lalu beri bumbu seperti lada Sichuan atau ketumbar dan sedikit garam.

Atau bisa juga menggorengnya hingga garing dan meremukkannya. Remukan cangkang ini bisa dijadikan tambahan untuk makanan seperti yang dilakukan di Jepang dan Cina.

Selain cangkang bagian yang kerap dibuang dari udang adalah kepala dan ekornya. Padahal merebus cangkang kepala dan ekor udang dapat menjadikannya kaldu yang lezat untuk berbagai olahan makanan. Cangkang dan kepala udang seperti halnya kerang dapat memperkaya kaldu untuk masakkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement