Senin 03 Oct 2016 10:24 WIB

Efektif Mana Kolagen Suntik, Krim, Atau Diminum?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Krim kolagen (ilustrasi)
Foto: pixabay
Krim kolagen (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, ada banyak produk kolagen yang beredar di pasar. Ada yang berupa krim, suplemen, hingga suntikan kolagen. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah bahan-bahan tersebut efektif untuk menghilangkan keriput?

Salah satu produk kolagen yang banyak dipasarkan adalah yang berbentuk krim. Dokter Spesialis Kulit, dr Anna Gunawan, SpKK, dari Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Bina Estetika, menjelaskan pada dasarnya, krim hanya bekerja pada permukaan kulit sama seperti pelembab. Tujuannya adalah untuk menghambat penguapan air dari lapisan dermis sehingga kulit tetap lentur. Pelembab kulit, baik yang mengandung ataupun yang tanpa kolagen tidak dapat menembus kulit, dan umumnya produk semacam ini tidak dirancang untuk diserap kulit.

"Karena itu, dapat dikatakan produk semacam ini tidak dapat mencegah penurunan kadar kolagen ataupun membuat keriput menghilang," jelasnya.

Bagaimana kolagen yang dicampur dalam minuman? Baik dalam kopi atau susu? Menurutnya kolagen yang bercampur dalam minuman tidak ada manfaatnya. Karena nantinya akan masuk pencernaan dan apabila tidak dibutuhkan akan dikeluarkan kembali oleh tubuh. Sementara kolagen yang disuntikkan akan langsung masuk ke pembuluh darah.

Suntik kolagen bertujuan untuk mengisi dan mengganti kolagen alami dalam kulit. “Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyuntikan kolagen mampu mengurangi garis-garis pada kulit dan membantu memudarkan bekas luka,” jelasnya.

Normalnya, kolagen yang disuntikkan dari luar akan menggantikan kolagen pada lapisan dermis yang jumlahnya kian menurun seiring bertambahnya usia. Kolagen dalam bentuk suntikan terbuat dari kulit sapi yang diproses dan ada juga yang sintetis. Kolagen sintetis ini dikenal sebagai human collagen product yang banyak beredar di pasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement