Sabtu 01 Oct 2016 15:09 WIB

Menata Sendiri Bunga di Rumah, Simak Tipsnya

Cangkir bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk rangkaian bunga di rumah.
Foto: dok Jakflo
Cangkir bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk rangkaian bunga di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bunga merupakan bahasa universal. Tak heran bila ada pepatah, 'katakan dengan bunga'.

Sara Destariansyah, pendiri dan kepala sekolah Jakflo Floral Academy, mengatakan bunga memang membawa semangat positif bagi mereka yang melihatnya. "Karena bunga benda hidup, sehingga memiliki aura," ujarnya.

Banyak orang yang memiliki keinginan bisa merangkai bunga sendiri. Entah untuk dijadikan usaha, atau sekadar mempercantik sudut rumahnya. Menurut Sara, ketika merangkai bunga tidak ada hasil yang bagus atau jelek. Ia lebih suka menyebutnya rangkaian bunga yang sesuai teknik atau tidak.

Sara mengatakan jika ingin merangkai bunga sendiri di rumah yang paling mudah adalah memperhatikan faktor ukuran. "Aturan termudahnya adalah patokan satu per tiga dengan dua per tiga," kata Sara, yang mengecap pendidikan formal bunga di Singapura dan Australia. Yang dimaksudnya adalah, pastikan ukuran atau tinggi rangkaian bunga mencapai dua per tiga dari total ketinggian, sedangkan sisa satu per tiganya adalah untuk tinggi vas.

Setelah memahami patokan tinggi, faktor lainnya yang harus diperhatikan adalah warna. Pilih warna yang serasi antara vas dan bunga. Untuk rumah Sara menyarankan menggunakan warna-warna cerah. Kuning contohnya. Tapi tidak ada patokan warna tertentu dalam merangkai bunga, semua bergantung selera. Kombinasikan misalnya tiga macam bunga dalam satu wadah.

Tren merangkai bunga saat ini sudah jauh berbeda dengan zaman dahulu. Kini, trennya adalah penataan bunga yang linier bukan bergaya penuh dalam satu rangkaian.

Tempat terbaik menata bunga adalah vas kaca. "Bukan plastik atau seng yang mudah berkarat," ujarnya.

Sara menambahkan, vas untuk menata bunga juga tidak harus yang mahal. Seandainya pun memiliki vas yang berharga mahal dan menjadi pusat perhatikan, pilih rangkaian bunga yang kalem.

"Saya justru suka kalau di rumah menggunakan apa yang ada, wadah bekas selai, cangkir, atau botol jus. Jika butuh diwarnai, ada banyak teknik mewarnai yang bisa dilihat di internet," sambungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement