Jumat 30 Sep 2016 12:27 WIB

Cake Rasa Bandrek yang Membuat Ketagihan

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Bolpis Pandan Gula Merah karya siswa SMK di ajang Lomba Cipta Kreasi Resep Bogasari di Bandung.
Foto: Foto : Mgrol_77
Bolpis Pandan Gula Merah karya siswa SMK di ajang Lomba Cipta Kreasi Resep Bogasari di Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Renyah, gurih dan manis kue 'bolpis' buatan peserta Lomba Cipta Kreasi Resep (LKCR), karya Isma Nur Afifah di SMK 9 Bandung, membuat dewan juri ketagihan. Pasalnya kue buatan Isma  memiliki rasa pedas jahe yang secara samar dirasakan antara gurih, manis dan crunchy.

    

Manis yang diperoleh merupakan campuran dari gula merah, lalu dicampur dengan dua shachet bubuk bandrek setara dengan 60 gram. Inilah yang membuat kue ini unik dari segi rasa.

Isma memang sengaja menonjolkan rasa jahe untuk menimbulkan ciri khas. “Kalau andalan, karena konsep kita sudah kering, kita main di rasa pandan dan gula merah. Bedanya gula merah kita campur sama bubuk bandrek, jadi tidak sekadar manis saja biar ada pedas-pedasnya," ungkap Isma di Bandung, Rabu (28/9).

 

    

Untuk proses pembuatannya, Isma menggunakan teknik all in dilakukannya untuk cake. Seperti mengocok telur, gula,

tepung terigu, emusilfer dan margarin yang telah dicairkan lalu dikocok bersama selama 5 hingga 10 menit. Cake kemudian dipanggang selama 15 menit dengan suhu 180 derajat.

Resep kue 'Bolpis Pandan Gula Merah' merupakan idenya sendiri yang memang ingin menonjolkan rasa. Dalam kompetisi ini Isma tidak menganggap ajang ini untuk berlomba melainkan mencari pengalaman dan pelajaran di kemudian hari.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement